Cara Jitu Memilih Karir Sesuai Passion!

Ilustrasi pilihan karir (sumber gambar : Freepik.com)

Like

Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipi atau CPNS tahun 2024 resmi sudah dibuka oleh pemerintah. Pasti kita berpikir bahwa tidak berubah dengan tahun-tahun sebelumnya yang ramai-ramai orang mendaftarkan diri demi menjadi PNS. 

Kita mengira banyak orang yang mengidamkan imenjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS karena PNS merupakan posisi yang cukup aman, yang tidak mudah diberhentikan dan sistem kerja PNS rata-rata cukup nyaman.

Akan tetapi setelah diamati kita akan menemukan fenomena yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun ini seleksi penerimaan CPNS mengalami penurunan peminat, bisa jadi karena masyarakat produktif dan pencari kerja saat ini didominasi oleh gen z.

Baca Juga: Gen Z Kurang Berminat jadi PNS, Ini Sebab-Sebabnya!

Tidak seperti generasi-generasi sebelum yang sangat menginginkn menjadi pegawai negeri sispil, generasi z yang merupakan masyarakat kelahiran tahun 1997 - 2012 ini sebagian besar malah memilih bekerja di sektor swasta.


Banyak faktor yang membuat gen z cenderung lebih memilih sektor swasta daripada menjadi PNS, seperti ingin membuka usaha sendiri atau bekerja freelance yang tidak menyita waktu.