Cara Jitu Memilih Karir Sesuai Passion!

Like

Tidak semua generasi akan memiih pilihan karier seperi gen z, untuk saya prbadi sebagai generasi milenial yang bekerja di sektor swasta tetap menjadikan PNS mejadi pilihan utama.

Banyak faktor yang mempengaruhi pilihn saya tersebut seperti adanya uang pensiundan jaminan hari tua, jam kerja yang pasti, posisi aman dan masih banyak lagi.

Akan tetapi sebenarnya preferensi setiap orang dalam memilih karir adalah berbeda-beda, ada yang masih berminat menjadi CPNS dan ada yang ingin menjadi karyawan swasta,

Perbedaan pilihan itu sebenarnya karena pemikiran setiap orang pasti berbeda-beda. Akan tetapi kita tetap perlu memperhatikan ketika kita akan memilih tujuan karir yang kita inginkan agar tidak menyesal dikemudian hari.

Baca Juga: Gen Z Pengin jadi PNS, Kenapa Enggak?


 

Tips Menentukan Pilihan Karir

Berikut bebera tips untuk memilih karir yang sesuai dengan diri kita.

1. Kenali diri kita

Mengenali diri kita mempunyai maksud untuk mengenali minat, kemampuan serta pengetahuan atau latar belakang dari pengetahuan kita. Sangat penting untuk mengenali diri kita, karena kita akan mengetahui pilihan karir yang sesuai dengan diri kita.
 

2. Kenali tujuan kita

Kenali tujuan kita berkarir dan bekerja untuk apa, apakah memang hanya untuk aktualisasi diri kita atau memang untuk mencari nafkah bagi diri sendiri maupun untuk keuarga. mengenali tujuan itu akan membuat kita lebih bertanggung jawab terhadap pilihan kita dalam berkarir.
 

3. Lakukan riset

Lakukan riset terhadap jobdesk dan perusahaan yang menawarkan pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah pekerjaan yang tersedia benar-benar pekerjaan yang kita mau dan sesuai dengan kemampuan kita.










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung