Penyebab dan Cara Mengatasi Middle Income Trap

Masalah utama kelas menengah seputar perekonomian adalah uang Sumber Gambar : Pixabay.com

Like

Ancaman middle income trap pada negara berkembang muncul dalam literatur ilmu ekonomi yang menjelaskan bahwa, negara berkembang yang tidak mampu meningkatkan level industrinya akan mengalami stagnasi.

Hal ini mengakibatkan negara tersebut  tidak dapat meningkatkan ekonominya menjadi negara maju. Istilah middle income trap ini pertama kali populer setelah dipakai dalam sebuah laporan Bank Dunia yang dirilis pada tahun 2007 berjudul An East Asian Renaissance: Ideas for Economic Growth di mana middle income dalam bukunya.

Baca Juga: Terbebas dari Middle Income Trap, Ini 7 Caranya!
 

Middle income trap itu bahasa sederhananya seperti menggunakan utang baru termasuk restrukturisasi untuk membayar utang lama dan biaya harian jadi tanpa utang baru dipastikan gagal bayar ya jangankan negara masyarakat yang awam saja masih banyak yang terjebak di middle income trap.

Pokok permasalahannya yang mengakibatkan kebanyakan orang tidak mampu mengatur keuangannya dengan baik adalah adanya pembenaran pada diri sendiri. Misalnya, membeli barang yang tidak di butuhkan terlalu banyak pengeluaran yang berlebihan sampai lupa untuk menabung, jadi lebih besar pasak daripada tiang.
 

Bagaimana Cara Terbebas dari Middle Income Trap?

Indonesia harus meningkatkan berbagai sumber pertumbuhan ekonomi utama dalam jangka yang begitu panjang agar dapat mengantisipasi adanya middle income trap denga cara:
  1. Penanaman modal asing 
  2. Teknologi
  3. Transaksi berjalan (Current account)
  4. Keadilan bagi lingkungan
  5. Jumlah penduduk (Program keluarga berencana)
  6. Efisiensi ekonomi
  7. Ketersediaan infrastruktur
  8. Produktivitas
  9. Menciptakan lapangan pekerjaan