Ini Alasan Kenapa Kamu Butuh Perencana Keuangan

Planner - Canva

Like

Merencanakan keuangan, ibaratnya jadi salah satu langkah untuk menyiapkan strategi menyelamatkan kondisi finansial dari berbagai risiko yang ada.

Misalnya, dengan merencanakan keuangan, kamu enggak perlu takut kalau uang kamu kurang untuk membiayai hidup, proteksi diri, dan menyiapkan kebutuhan di masa depan. 

Sebaliknya, kalau kamu menyepelekan rencana keuangan, bisa jadi kamu akan kewalahan saat mengalami risiko seperti biaya hidup di akhir bulan, membayar tagihan, hingga keselamatan diri.

Namun, kadang kamu merasa kurang yakin sama rencana keuangan yang kamu buat, Bahkan, sejumlah orang merasa enggak punya waktu dan pengetahuan untuk mengatur keuangan.

Nah, ada kalanya kamu pun perlu jasa dari perencana keuangan nih, Be-emers. Biar kamu enggak makin ragu, dilansir dari laman Bisnis, ini alasan kamu butuh jasa keuangan.


Baca Juga: Jangan Takut, Begini Cara Kelola Uang di Tengah Bayangan Resesi
 

Bisa Lihat Kondisi Keuangan & Mengidentifikasikannya

Umumnya, penasihat atau perencana keuangan ingin melihat seluruh gambar keuangan kamu, termasuk semua penghasilan dan beban yang kamu miliki. Dengan begitu, mereka bisa menggambar peta dari keuangan kamu.

Selain itu, mereka juga bakal mengembangkan profil lengkap status keuangan kamu nih, Be-emers. Profil ini akan mengidentifikasi area kekuatan dan kelemahan dari kliennya. 

Tenang, perencana keuangan akan memberi penilaian yang objektif tentang apa yang perlu kamu dilakukan.
 

Alokasi Sumber Daya & Meminimalisir Pajak

Kalau kamu punya prioritas yang cukup ambisius secara bersamaan, kayak sekolah di luar negeri dan berinvestasi jangka panjang, perencana keuangan bisa kok bantu kamu untuk mengalokasikan sumber daya sehingga kedua tujuan dapat tercapai.

Bahkan, mereka juga bisa bantu kamu berinvestasi dengan pajak efisien dengan return yang maksimal lho!
 

Rencanakan Aset & Atur Kebutuhan

Perencana keuangan yang cermat, umumnya akan lebih memastikan kalau harta atau aset yang kamu punya, bisa berpindah ke orang yang kamu cintai, misalnya keluarga.

Adapun, mereka bakal mengatur keperluan kliennya secara spesifik. Misalnya seperti menyarankan untuk memiliki tabungan pensiun, asuransi, tujuan pendidikan, hingga pajak.

Enggak cuma itu, perencana keuangan juga akan membantu kamu untuk mencapai tujuan finansial lainnya seperti cara beli rumah kedua, bangun bisnis, dan pensiun dini.

Baca Juga: Sulit Atur Keuangan? Ini Cara Menentukan Prioritas