Jelang Akhir Tahun 2020, Ternyata Masih Ada 9 Emiten Dalam Periode Buyback Lho!

Trading - Canva

Like

Aksi korporasi sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh emiten di pasar modal. Salah satunya yakni dengan melakukan pembelian kembali saham atau buyback.

Nah, di penghujung tahun 2020 ini, ternyata ada sejumlah emiten yang masih ada dalam periode buyback nih, Be-emers.

Lebih tepatnya, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, masih ada 9 emiten yang ada dalam periode buyback hingga saat ini.

Baca Juga: 2020 Tinggal 2 Bulan Lagi, Pilih Investasi Reksa Dana Atau Saham Ya?

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, dikutip dari Bisnis, hingga 9 November 2020, nilai rencana buyback sembilan emiten tersebut sebesar Rp4,2 triliun.


Sementara itu, yang telah terealisasikan baru Rp989,2 miliar, atau 21,5 persen dari rencana buyback nih. Nah, dari sembilan emiten, tujuh di antaranya diketahui sudah telah melaksanakan buyback dengan total pelaksanaan buyback sebesar Rp898,2 miliar.

Menurut Nyoman sepanjang tahun ini terdapat 74 perusahaan tercatat yang telah menyelesaikan periode pembelian kembali sahamnya dan telah merealisasikan pelaksanaan buyback dengan nilai realisasi sebesar Rp4,21 triliun.

Adapun, Nyoman mengatakan kalau bursa senantiasa memantau perkembangan pelaksanaan buyback tersebut lho! Harapannya, kebijakan tersebut dapat memberikan stimulus perekonomian dan mengurangi dampak pasar yang berfluktuasi secara signifikan.

Adapun, Otoritas Jasa Keuangan telah menerbitkan SE OJK No. 3/SEOJK.04/2020 tentang Kondisi Lain Sebagai Kondisi Pasar yang Berfluktuasi Secara Signifikan dalam Pelaksanaan Pembelian kembali Saham yang Dikeluarkan oleh Emiten atau Perusahaan Publik.

Seperti yang diketahui, dalam kebijakan itu, salah satunya yakni memuat perihal relaksasi buyback saham dapat dilakukan tanpa terlebih dahulu memperoleh persetujuan rapat umum pemegang saham (RUPS).

Baca Juga: Bangkit dari Saham Gocap, Emiten Grup MNC (BHIT) Siap Buyback