Ini Manfaat Gaya Hidup Minimalis Bagi Keuangan Kamu

Minimalism - Canva

Like

Kondisi krisis tentunya membuat kamu jadi perlu menjaga keuangan. Apalagi, kalau pemasukan kamu masih belum stabil.

Di sisi lain, belakangan trending gaya hidup minimalis nih, Be-emers. Gaya hidup ini banyak diterapkan sama banyak orang sejak adanya pandemi Covid-19 yang tentunya berpengaruh terhadap kondisi keuangan.

Baca Juga: Menenangkan Pikiran, Yuk Kenali Apa Itu Gaya Hidup Minimalis

Nah, gaya hidup minimalis ini juga diyakini bisa melindungi kondisi keuangan kamu lho, Be-emers. Dilansir dari Bisnis, apa aja sih manfaat dari gaya hidup minimalis ini bagi keuangan kamu?
 

Melatih Keputusan

Praktisi Gaya Hidup Minimalis Fany Sebayang mengatakan kalau pandemi ini justru bisa jadi momen yang tepat buat mempelajari gaya hidup minimalis.

Dengan gaya hidup minimalis, kamu bisa melatih pengambilan keputusan dengan jernih sebelum berbelanja dan mengeluarkan uang. Makanya, kamu mesti memastikan lagi kalau barang yang mau dibeli merupakan sebuah kebutuhan, bukan keinginan semata.

 

Kemampuan Menata Ulang Keuangan

Selain itu, saat kamu sudah terbiasa menjalani gaya hidup minimalis, kamu bakal punya kemampuan untuk menata ulang keuangan dengan menimbang barang mana yang bakal dibeli dan enggak perlu dibeli.

Perlu kamu sadari juga nih, kalau seseorang bisa mengenali kondisi finansialnya, dia bakal punya kepekaan dan kapasitas untuk mulai memilah kebutuhan dengan keinginannya lho!
 

Bisa Memanfaatkan Sisa Uang

Nah, kelebihan lainnya yaitu kamu bisa belajar memanfaatkan uang yang tersisa untuk menabung dan investasi.

Bahkan, menurut Fany, gaya hidup minimalis bisa bikin seseorang menabung minimal 30 persen dari pendapatan untuk tabungan hari tua, hingga punya dana darurat nih. Dengan kata lain, gaya hidup minimalis juga bisa bikin kamu lebih mempersiapkan diri untuk masa depan!

Baca Juga: Tips Menabung Saat Pandemi? Harus Bijak Kelola Keuangan!