Strategi Paling Ampuh, Yuk Intip Pengertian Bundling dalam Dunia Bisnis

Bundling adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Tatkala menjalankan sebuah bisnis baik online maupun offline, pastinya akan mengalami fluktuasi dalam penjualan produk setiap harinya. Untuk atasi permasalahan seperti ini, setiap perusahaan selalu menerapkan strategi agar penjualannya bisa berjalan lancar.

Gunakan juga kata-kata menarik untuk mempromosikan produk jualan Anda. Supaya semakin menarik, kamu bisa menambahkan promosi bundling produk. Dilansir dari Turboly menyatakan manfaat Bundling dalam dunia bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan produk dengan kemudahan pembeliaan, untuk menghemat waktu, memperkecil biaya promosi, serta memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada konsumen, karena dengan adanya metode dan strategi ini dapat membuat daya tarik pembeli.

Beberapa pengusaha menerapkan strategi produk bundling, yang mana kini telah banyak dilakukan oleh perusahaan terkenal. Hal ini tidak lain karena bundling adalah strategi sangat ampuh dalam mendongkrak suatu penjualan. Simak ulasannya berikut.


Pengertian dari Produk Bundling


Bisa dibilang, bundling merupakan suatu strategi pemasaran yang mana produk dikelompokkan bersama menjadi dua atau lebih dalam satu kemasan penjualan dengan satu harga. Dengan menerapkan strategi bundling ini, harga yang ditawarkan akan menjadi lebih ekonomis dari total persatuannya.

Kamu bisa menerapkan strategi ini pada beberapa produk yang kurang laku atau pada produk baru yang belum dikenal oleh konsumen. Tak ayal jika pengusaha memanfaatkan strategi ini, banyak produknya yang laku dalam waktu sekejap apalagi dengan harganya yang lebih hemat.


Tak hanya memperkecil harga saja, bundling juga bermanfaat guna meminimalisir biaya promosi, menghemat waktu untuk packaging, memberikan kemudahan untuk para pembeli, serta memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada konsumen. 

Bundling adalah strategi yang paling tepat untuk kamu terapkan, guna meraih simpati serta perhatian para konsumen untuk melakukan transaksi di bisnismu. Tidak sedikit pula, paket bundling selalu menjadi sasaran banyak orang karena tingkat ekonomisnya tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online yang Mudah dengan Cara Singkat!


Alasan Kenapa Produk Bundle Penting Untuk Diterapkan


Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, jika bundling mampu meningkatkan trafik suatu perusahaan karena produk yang dijajakan ditawarkan dalam bentuk yang lebih ekonomis. Selain itu, pengusaha juga akan merasa terbantu karena bisa mengatur stok produknya. 

Hal utama yang perlu kamu ketahui kenapa produk bundle ini wajib untuk diterapkan yakni meningkatkan jumlah rata rata pemesanan dan penjualan pada perusahaan. Dimana produk bundling menggabungkan beberapa produk dalam satu kemasan dan mempermudah konsumen untuk membelinya.

Misalnya saja, kamu menjajakan paket perlengkapan mandi dalam satu kemasan yang terdiri dari sabun, pasta gigi, sikat gigi, dan sampo. Jika biasanya orang orang harus membeli perlengkapan secara terpisah, namun dengan strategi bundling akan terasa lebih mudah.

Bahkan hal ini juga bisa menjadikan konsumen lebih puas sehingga rata rata pemesanan dari penjualan produk semakin meningkat setiap harinya. Bundling adalah cara yang paling ampuh guna menarik perhatian konsumen guna membeli produk yang kamu tawarkan.

Hebatnya lagi, dengan menerapkan bundling pula kamu bisa mengurangi biaya untuk pemasaran serta distribusi. Dengan mengemas produk menjadi satu kemasan, anggaran serta perlengkapan yang seharusnya dipersiapkan bisa diminimalisir sebaik mungkin. 

Kamu pun akan merasa terbantu karena distribusi barang ke tempat tujuan menjadi lebih mudah, seperti menaruh barang dalam satu kotak atau kardus. Bahkan biaya pengiriman juga akan menjadi lebih hemat. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi produk yang tidak laku.

Dengan mengemasnya bersama produk laris lainnya, tentu hal ini akan menjadi strategi yang paling tepat. Atau kamu juga bisa menggabungkan antar produk tidak laku menjadi satu, dengan syarat memberikan potongan harga yang sangat menggiurkan.

Konsumen secara otomatis akan menganggapnya sebagai barang murah atau barang bonus, sehingga cenderung tertarik untuk membelinya. Bundling adalah metode pemasaran yang paling ampuh untuk memikat perhatian para calon konsumen untuk membeli barang yang tidak laku sekalipun.

Menjalani sebuah bisnis memang tidak selalu berjalan mulus, ada kalanya kamu akan merasakan suatu permasalahan yang menyebabkan frustasi. Tak perlu khawatir, kamu masih bisa menggunakan beberapa strategi bisnis seperti bundling yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Hybrid Food yang Lagi Tren untuk Sumber Cuan Kamu