Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Virus Corona? Hoax Atau Fakta?

Daun Sungkai (Sumber: bukalapak.com)

Like

Kabar terbaru ini lagi-lagi menggemparkan masyarakat Indonesia. Dikutip dari seputarlampung.com, daun sungkai dipercaya dapat menyembuhkan penyakit virus Corona.

Daun yang semula banyak disepelekan oleh masyarakat yang dikira tidak memiliki harganya ini, kini banyak dicari oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakit virus Corona. Akan tetapi, banyak juga yang memberikan secara gratis dan hanya menanggung biaya ongkirnya saja untuk pengiriman di luar kota.

Menurut sejumlah orang yang sudah merasakan manfaatnya, daun sungkai bisa mengurangi bahkan menyembuhkan gejala penyakit Covid-19 seperti demam tinggi.

Hebohnya, hal tersebut beredar  dan membuat para IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Bandar Lampung angkat bicara!

IDI Bandar Lampung meminta pemerintah untuk menerima dan segera melakukan penelitian terkait kandungan zat yang terdapat pada daun sungkai. Dengan begitu, akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui manfaat dari daun sungkai itu sendiri.


Akan tetapi, setelah dilansir dari kominfo.go.id, berita beredarnya manfaat daun sungkai yang dipercaya dapat mengobati penyakit Corona pertama kali disebarkan oleh salah satu pemilik akun Facebook. Pemilik akun tersebut mengunggah gambar daun sungkai disertai dengan narasi bahwa daun sungkai memiliki khasiat yang ampuh dalam menyembuhkan penyakit virus Corona.

Faktanya, berdasarkan kutipan dari Liputan6.com mengklaim bahwa daun Sungkai yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit Covid-19 tidak terbukti.

Hal itu disampaikan oleh dr. Erlinda Burhan sebagai  Dokter Spesialis Paru RSUP (Rumah Sakit Umum Pusat) Persahabatan. Dibuktikan bahwa sampai detik ini belum ada pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh karena daun sungkai.

Hal tersebut juga dinyatakan oleh dr. Deri Mulyadi selaku Ketua Ikatan Dokter Indonesia Provinsi Jambi, bahwa belum ada penelitian secara medis yang dapat memastikan bahwa daun sungkai dapat mengobati atau menyembuhkan penyakit virus Corona.

Artinya, kita harus bijak dalam mencerna berita yang menyebar luas di media sosial. Agar kita terhindar dari berita yang belum tentu dibuktikan kebenarannya.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Tumbuhan Ini! Ternyata Ini Obat Alami Diabetes Hingga Kolesterol