BBCA Resmi Stock Split, Ini Fakta Menarik yang Perlu Diketahui

Fun Fact BBCA Stock Split Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Saham BCA (BBCA) sudah resmi stock split sejak Kamis (13/10) lalu. Aksi stock split saham big caps ini pun mendapat banyak sorotan.

Sebelum stock split, saham BBCA ada di level Rp36.600. Dengan rasio 1:5, harga saham BBCA saat stock split yakni Rp7.320 per lembar.

Hayooo, kamu termasuk yang serok saham BBCA enggak nih pas lagi stock split? Kalau iya, kayaknya kamu perlu fakta menarik berikut ini deh, Be-emerss.

Baca Juga: Bos BCA Sebut Hanya Akan Ada 3 Bank Digital Besar dalam 10 Tahun ke Depan!
 

Kapitalisasi Pasar BBCA Terbesar se-Asean

Saat pembukaan bursa, saham BBCA langsung melejit. Bahkan, sempat menyentuh level Rp8.250 per saham lho!

Enggak cuma itu, dilansir Bisnis, kapitalisasi pasar BBCA mencapai US$65 miliar atau setara lebih dari Rp924 triliun saat stock split! Itu artinya, kapitalisasi pasar BCA mampu mengalahkan DBS Group Holdings dan menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara nih.

 

Manfaatkan Momen Bertambahnya Investor Ritel

Harga saham BBCA bisa dibilang masuk dalam kategori saham “mahal” bagi sebagian orang nih, Be-emers. Untuk bisa mendapatkan saham BBCA, sebelum stock split, harganya mencapai Rp3 jutaan untuk satu lot sahamnya.

Untuk investor ritel, apalagi yang uangnya harus digunakan untuk kebutuhan lain, tentu harga satu lot saham BBCA sebelum stock split agak “berat” ya untuk dikoleksi. Padahal, saham BBCA cukup prospektif karena masuk dalam indeks LQ45 dan Blue Chip.

Nah, demi bisa mewujudkan mimpi investor ritel untuk mengoleksi sahamnya dengan terjangkau, BBCA pun akhirnya melakukan stock split. Diketahui dari laman Bisnis, BCA juga memanfaatkan momen peerkembangan investor ritel, termasuk investor muda untuk berinvestasi di pasar modal.

Dari data Bursa Efek Indonesia (BEI) dari bulan Januari hingga Agustus 2021, jumlah Single Investor Identification (SID) di Indonesia sudah bertambah hingga 1 juta lho! Dengan begitu, kini total investor yang tercatat di BEI sudah mencapai lebih dari 2,6 juta SID!
 

Sudah Lakukan Stock Split Hngga 4 Kali

Kamu tahu enggak sih? Sejak pertama kali melantai di BEI pada tahun 2000, total BBCA sudah melakukan 4 kali stock split lho hingga 2021.

Setahun setelah Go Public, BBCA pertama kali stock split dengan rasio 1:2 nih, Be-emers. Kala itu, harga saham BBCA menjadi Rp700 per saham.

Lalu, di tahun 2004 dan 2008, BBCA kembali melakukan stock split dengan rasio 1:2. Nah, baru di tahun 2021 ini lah, BBCA melakukan stock split dengan rasio 1:5, Be-emers.

Adapun, pada perdagangan Jumat (15/10) lalu, saham BBCA ditutup di zona merah turun 1,29 persen ke level Rp7.650 per saham.

Gimana, BBCA termasuk saham incaran kamu enggak nih?