Pentingnya Content Pillar dalam Membuat Konten

Pentingnya Content Pillar pada Media Sosial Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Sebagai content creator atau content writer, pernah nggak sih kamu merasa stuck, bingung, dan kesulitan dalam membuat suatu konten? Apalagi, konten termasuk hal yang paling krusial dalam kegiatan marketing.

Nah, kamu membutuhkan content pillar untuk menjadi acuan dalam menciptakan konten. Dengan adanya content pillar, kamu bisa menurunkan konsep-konsep apa saja pada setiap konten yang tengah dibuat dan dijalankan.
 

Apa Itu Content Pillar?

Sederhananya, content pillar atau pilar konten merupakan topik dasar atau tema yang menjadi acuan dan menentukan bahasan konten-konten lainnya, seperti artikel, video, e-book, infografis, atau konten pada media sosial lainnya.

Content pillar juga berfungsi untuk menjaga konten-konten yang kamu buat agar tidak keluar dari guidelines dan identitas yang dimiliki brand atau perusahaanmu. Jangan sampai, konten yang kamu buat malah merusak brand-mu sendiri dan akhirnya membuat konsumen potensial menjadi tidak tertarik.
 

Apa Manfaat Adanya Content Pillar?


Mengorganisasi Brand

Ketika kamu tidak memiliki content pillar dalam membuat konten, kamu cenderung akan membuat konten yang bersifat dadakan dan belum tentu dipikirkan secara matang terlebih dahulu.

Hal tersebut akan meningkatkan risiko kesalahan dalam membuat konten, yang akhirnya akan berdampak juga pada aspek lainnya, salah satunya adalah sales. Sehingga, content pillar dibutuhkan agar kamu bisa lebih mudah membuat konten dan juga menjadi lebih konsisten.

 

Mengembangkan Ide

Saat kamu sedang membentuk content pillar untuk brand milikmu, kamu sekaligus akan memikirkan ide konten apa saja yang cocok untuk membawa identitas brand-mu kepada konsumen. Hal tersebut bisa membantu mengasah otak dalam mencari ide-ide fresh yang baru dan juga evergreen.
 

Profesionalitas

Segala sesuatu yang baik, memang harus dilakukan sedini mungkin, Be-emers! Walaupun kamu masih merintis brand dan usahamu, kamu tetap harus mengatur segala hal sedetail mungkin, termasuk juga dalam membuat konten.

Pembuatan content pillar nantinya akan membantu saat kamu sudah memiliki pekerja lainnya yang membantu usahamu, yang akhirnya juga akan memudahkan pekerjaanmu serta pekerjaan orang lain.

Nah Be-emers, sekarang udah tau kan pentingnya content pillar untuk membangun konten marketing pada bisnismu?