Ini Sejumlah Startup yang Bisa Bantu Kamu Cari Tempat Parkir

Parking Illustration - Canva

Like

Sudah bukan rahasia lagi, kalau jumlah mobilitas kendaraan di Indonesia semakin meningkat. Makin banyak kendaraan, tentunya bikin ketersediaan lahan parkir jadi hal yang enggak boleh lepas dari perhatian.

Permasalahan baru terkait lahan parkir pun bermunculan. Adanya lahan parkir ilegal yang memakai bahu jalan, kerap kali bikin macet dan mengganggu pengguna jalan lain.

Selain itu, lahan parkir ilegal juga berisiko kena tilang Dinas Perhubungan. Tingkat keamanan dari parkir ilegal ini juga cenderung rendah

Terutama buat kamu yang tinggal di kota-kota besar, pernah enggak sih merasa susah cari tempat parkir yang aman dan nyaman?

Nah ternyata, sejumlah perusahaan rintisan ini bisa jadi solusi buat kamu yang sering banget kebingungan cari tempat parkir.
 

JURU

Berangkat dari sebuah dukungan terhadap konsep smart city, JURU lantas menawarkan solusi buat kebutuhan parkir di perkotaan. Sadar potensi pendapatan parkir dalam negeri bisa mencapai Rp22, 5 triliun tiap tahun, layanan JURU Parkir dinilai bisa menjadi solusinya.


Lewat layanan tersebut, JURU Parkir merekam data transaksi parkir badan jalan (on street) dan di luar badan jalan (off street). JURU Parkir ini terintegrasi dengan cloud server yang bisa menghasilkan laporan pencarian parkir secara realtime.

Adapun, data-data yang direkam oleh JURU Parkir antara lain data plat nomor kendaraan, waktu transaksi, transaksi keuangan, dan pastinya data titik parkir beserta data petugas parkirnya. Nah, layanan ini dinilai cocok digunakan sama operator parkir maupun pemilik lahan parkir yang mau meningkatkan profesionalitas dalam laporan keuangan juru parkirnya.

Selain parkir, perusahaan rintisan dengan nama usaha  PT Juru Supervisi Indonesia ini juga punya layanan lain. Beberapa layanan berbasis digital tersebut di antaranya JURU Bersih untuk sistem pengangkutan sampah, JURU Center, JURU Reklame, dan JURU Karcis. 
 

ParkiranID

Memanfaatkan masalah sulitnya mencari tempat parkir, kemudian lahir lah sebuah perusahaan rintisan yang dikenal dengan nama ParkiranID. Startup yang berbasis di Yogyakarta ini menawarkan solusi layanan parkir.

Enggak cuma bisa membantu mencari tempat parkir yang aman dan nyaman, ParkiranID juga menyediakan fitur asuransi buat melindungi kendaraan kamu. Selain itu, info soal tarif parkirnya juga jelas dengan sistem pembayaran tunai atau lewat fitur pembayaran P Pay.

Biasanya, kamu akan tahu tarif parkir saat keluar dari tempat parkir. Namun, lewat aplikasi ParkiranID, kamu sudah bisa tahu tarif parkir sedari awal saat sudah melakukan reservasi tempat parkir.
 

SMARK

Eksis sejak 2015, SMARK merupakan aplikasi reservasi parkir pertama di Indonesia. Perusahaan rintisan yang dibentuk oleh M. Syahril Sahib, Alirizal Syarfuan, Kemal Putra ini mengklaim punya pelayanan yang sedikit berbeda dengan startup parkir lainnya.

Berbagai kolaborasi dilakukan SMARK untuk semakin meningkatkan layanannya. Saat peluncuran perdananya ke muka publik Maret 2017, dilansir dari Tech in Asia, SMARK telah bekerja sama dengan Grand Indonesia untuk memberikan kemudahan parkir kendaraan di pusat perbelanjaan.

Enggak berhenti sampai di situ, Juni 2020 kemarin, SMARK telah bekerja sama dengan Futuready buat menambah fitur asuransi kendaraan. Selain itu, SMARK juga diketahui telah bekerja sama dengan DOKU sejak 2017 buat mengembangkan layanan pembayaran dalam bentuk cashless.

Kamu sudah mencoba aplikasi pencari parkir yang mana nih, Be-emers?