Selangkah Menuju IPO, NET TV Optimis Raup Pendanaan Rp149 Miliar

NET TV Illustration Web Bisnis Muda - Image: Kanal YouTube NET TV Kupang

Like

Be-emers tentunya pernah dong menonton tayangan yang disajikan oleh NET TV, ya kan?

Yup, salah satu stasiun televisi yang didirikan oleh Wishnutama ini memang telah berdiri sejak tahun 2013 sebagai anak usaha dari PT Net Visi Media Tbk. dan menjadi juga bagian dari kelompok usaha Indika Group.

Eksistensi dari NET TV bahkan pernah mencapai puncaknya dalam beberapa tahun terakhir, sampai-sampai siasat untuk melakukan IPO sebenarnya sudah tercetus sejak 2018 lalu.

Namun, dikarenakan terdapat beberapa kendala, akhirnya NET TV baru bisa merealisasikan siasat tersebut dalam waktu dekat ini seiring dengan prospektus yang dipublikasikan oleh perusahaan, nih, Be-emers!

Baca Juga: Balik Lagi Jadi Komisaris Tokopedia, Seperti Apa Misi Wishnutama Selanjutnya?
 

Seputar IPO NET TV

Mengutip dari Bisnis, rencana NET TV untuk merealisasikan Initial Public Offering (IPO) nampaknya semakin dekat, seiring dengan prospektus yang dilontarkannya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin, (28/12/2021) kemarin.


Dalam prospektus tersebut, NET TV berencana akan melepaskan sekitar 765,30 juta saham atau setara dengan 4,37 persen dari modal yang ditempatkan serta disetor perseroan setelah IPO.

Selanjutnya, NET TV juga telah menetapkan nilai nominal saham diangka Rp100 dengan rentang angka pada penawaran Rp190 hingga Rp196 per lembar saham sehingga NET TV diproyeksikan akan mampu meraup dana untuk aksinya sekitar Rp149,9 miliar.

Dari capaian proyeksi dana yang terkumpul pada aksi tersebut, NET TV berencana akan mengalokasikannya pada tiga pos yang sudah ditentukan.

Pos pertama sebesar 18,5 persen akan dialokasikan perseroan untuk mendukung segala kebutuhan manajemen artis, baik dari pengembangan keterampilan, keahlian hingga operasional.

Lalu, 53 persen akan dialokasikan perseroan untuk menyokong anak usaha perseroan PT Net Mediatama Televisi dalam melengkapi pembiayaan fasilitias serta pembuatan dan pembelian program.

Sisanya 28,5 persen akan dialokasikan kepada anak usaha perseroan PT Net Mediatama Digital dalam mendukung setoran serta keberlangsungan modal.

Pada aksi tersebut NET TV juga berencana untuk menerbitkan saham baru sekitar Rp5,93 miliar saham guna mengoptimalkan seluruh tagihan serta konversi yang dipunya oleh PT Indika Inti Holdiko.

Disamping itu, NET TV juga akan merealisasikan Program Opsi Kepemilikan Saham kepada Manajemen Karyawan (MESOP) dengan nilai yang telah disetujui sebesar 2,91 persen dari modal.

Lewat prospektus tersebut juga diungkapkan bahwa dalam aksi yang dilakukan dalam waktu dekat ini, NET TV menunjuk PT NH Korindo Sekuritas sebagai penjamin emisi efek.

Dengan itu, NET TV memiliki runtutan jadwal IPO yang dimulai dari Masa Penawaran Awal (bookbuilding) ditanggal 27 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022, yang dilanjut dengan Perkiraan Tanggal Efektif pada 14 Januari 2022, Perkiraan Masa Penawaran pada 18 Januari 2022 hingga 21 Januari 2022, Perkiraan Tanggal Penjatahan pada 21 Januari 2022, Perkiraan Tanggal Distribusi pada 24 Januari 2022 hingga akhirnya Listing ditanggal 25 Januari 2022.

Gimana, Be-emers tertarik nggak nih untuk koleksi saham NET TV?