Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

Low Tuck Kwong. (Foto: Forbes)

Like

Majalah keuangan Forbes telah merilis daftar orang terkaya di Indonesia pada Rabu, 7 Desember 2022. Siapa dan dari sektor mana saja orang-orang terkaya di Indonesia?

Setiap tahunnya majalah keuangan Forbes merilis daftar orang-orang yang menjadi orang terkaya di tahunnya. Daftar tersebut dibagi per negara. 

Indonesia menjadi salah satu negara yang dibuatkan daftarnya oleh Forbes. Di tiap tahunnya, orang-orang yang masuk dalam daftar ini memang tidak jauh berbeda.

Rata-rata perbedaan ada di peringkat dan jumlah kekayaannya. Mengetahui daftar orang-orang terkaya di Indonesia menjadi penting agar bisa melakukan analisis yang berkaitan dengan keuangan dan investasi.

Baca Juga: Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya Di Dunia, Kenapa?
 

50 Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes

 

 

 

 

Sumber: Forbes

 

Peningkatan Kekayaan



Seperti yang diberitakan Forbes, ada 22 taipan yang mengalami peningkatan kekayaan di tahun 2022 ini. 3 besar orang terkaya di Indonesia termasuk yang mengalami peningkatan kekayaan dari tahun lalu.

Dua saudara R. Budi dan Michael Hartono tetap berada di peringkat pertama dengan kekayaan US$47,7 miliar, naik US$5,1 miliar dari tahun lalu. 

Kenaikan ini sebagian karena IPO Global Digital Niaga pada November ini. Itu adalah induk dari e-commerce Blibli yang mengumpulkan Rp8 triliun (US$ 510 juta).

Harga batu bara yang lebih tinggi di tengah krisis energi global mendorong Low Tuck Kwong ke posisi kedua dengan lonjakan kekayaannya hampir lima kali lipat menjadi US$12,1 miliar. 

Keluarga Widjaja dari konglomerat Sinar Mas merosot ke peringkat 3, tetapi pemulihan bisnis kertas grup membantu meningkatkan kekayaan mereka sebesar US$1,1 miliar menjadi US$10,8 miliar.

Overdrive ekspansi di jaringan toko serba ada Alfamart membuat Djoko Susanto menjadi pemenang besar lainnya tahun ini. Setelah melipatgandakan kekayaannya menjadi $4,1 miliar, Susanto masuk dalam 10 besar untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Berapa Pendapatan Kota Terkaya di Indonesia?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.