Pertimbangkan 3 Sektor Ini untuk Investasi di Tahun 2023!

Investasi saham 2023. (Foto: Forbes)

Like

Diproyeksikan akan gelap bukan berarti tidak bisa berinvestasi sama sekali. Berikut adalah sektor-sektor yang patut dipertimbangkan untuk investasi di tahun 2023.

Mengetahui sektor-sektor apa saja yang prospektif untuk investasi sebenarnya dapat dianalisis dengan melihat pola dari tahun sebelumnya dan tren yang akan dikembangkan atau banyak diminati di tahun berikutnya.

Pasar saham 2022 bisa dibilang menjadi yang paling buruk selama dekade terakhir. Banyak faktor yang melatarbelakanginya, krisis keuangan global menjadi salah satunya.

Terlepas dari tanda-tanda bahwa tahun depan akan dimulai dengan cara yang sama, harapan tetap kuat bahwa yang terburuk sudah berakhir. 

Investor yang cerdas harus mencari perpaduan dari apa yang berhasil di tahun 2022, menilai saham, sambil juga mengidentifikasi sektor yang kuat untuk pertumbuhan saham. 


Harapan itu memicu pencarian sektor terbaik untuk berinvestasi pada tahun 2023. Perpaduan antara nilai dan pertumbuhan menentukan sektor terbaik untuk berinvestasi pada tahun 2023.

Meskipun demikian, tren sekuler menyeluruh akan berlanjut hingga tahun 2023 dan seterusnya. 

Baca Juga: Bagaimana Peluang Investasi Saham Emiten Infrastruktur Transportasi?
 

Sektor yang Perlu Dipetimbangkan Investasi 2023


Mengutip dari Investorplace, ada tiga sektor yang perlu dipertimbangkan untuk berinvestasi di tahun 2023.
 

1. Healthcare


Sektor healthcare atau perawatan kesehatan telah menjadi sektor ‘teladan’ pada tahun 2022, yang mengejutkan beberapa investor. Healthcare adalah sesuatu yang pasti dibutuhkan, dan oleh karena itu, kinerjanya cenderung tetap kuat dalam ekonomi mana pun.

Sementara S&P 500 telah turun lebih dari 19 persen tahun ini, iShares U.S. Healthcare ETF (NYSEARCA:IYH) telah berkinerja jauh lebih baik, kehilangan sekitar 4 persen nilainya pada tahun 2022.

Ekspektasi kuat atas kinerja top-line, dikombinasikan dengan dividen yang andal, menjadikannya salah satu dari banyak pilihan cerdas di sektor kesehatan di tahun baru.
 

2. Internet dan Marketing Retail


Tidak seperti perawatan kesehatan, sektor internet dan marketing retail tidak memiliki performa yang kuat di tahun 2022. Namun, ada beberapa alasan untuk yakin bahwa tahun 2023 menjadi tahun yang baik untuk sektor ini.

Pertama, pertumbuhan pendapatan pada tahun 2023 harus melampaui apa yang dialami pasar pada tahun 2022. Pertumbuhan pendapatan di seluruh sektor diperkirakan akan mencapai 10,4 persen pada tahun 2023, yang akan mendorong masuknya modal pada tahun 2023.
 

3. Kebutuhan Pokok


Sektor kebutuhan pokok konsumen telah menunjukkan kinerja yang mengagumkan pada tahun 2022. Tahun 2023 akan melihat kinerja kuat yang berkelanjutan dari saham-saham konsumen. 

Kebutuhan pokok konsumen hampir dijamin berkinerja baik oleh Wall Street. Pasar akan memulai tahun 2023 dengan pandangan positif terhadap sektor ini karena kekhawatiran umum akan resesi. Konsumen akan terus membeli kebutuhan dasar, termasuk makanan dan produk pribadi.

Baca Juga: Tahun Sial untuk Sektor Teknologi, Para CEO Rugi US$433

Sudah kepikiran mau investasi di saham mana tahun 2023, Be-Emers?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.