Beauty Brand Ini Terapkan Sustainable Beauty, Tertarik Mencoba?

Ilustrasi Sustainable Beauty (Sumber: Freepik)

Like

Banyaknya produk skin care atau kecantikan yang muncul meningkatkan emisi global secara drastis. Untungnya produk-produk kecantikan ini sadar akan hal itu dan menerapkan sustainable beauty dalam setiap produknya.

Berkembang pesatnya industri kecantikan saat ini membuat kita semakin peduli dengan tampilan wajah dan kulit yang sehat. Hal ini sejalan dengan banyak bermunculan brand produk kecantikan terbaru.

Sayangnya, kondisi ini membuat industri kecantikan menjadi kontributor emisi global yang besar dengan proses produksi menggunakan bahan kimia serta sampah dan limbah yang dihasilkan. Hal ini menjadi kekhawatiran akan adanya dampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, para penggiat lingkungan mulai banyak menyuarakan untuk beralih ke sustainable beauty. Brand besar maupun kecil banyak yang mengusung konsep tersebut.
 

Apa Itu Sustainable Beauty?


Sustainable beauty adalah kecantikan yang berkelanjutan. Kurang lebih ketika melakukan perawatan diri, kamu juga turut serta menjaga lingkungan. Kecantikan berkelanjutan ini pun tidak hanya bisa diterapkan oleh produsen, tapi juga konsumen.


Dalam hal ini, konsep tersebut mengajak pengguna skin care atau make up untuk mengutamakan kelestarian bumi saat memilih atau menjalani rutinitas kecantikannya.

Baca Juga: Sedang Tren Sustainable Business, Sontek Inspirasinya Disini!

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan produk-produk kecantikan yang tidak mengandung komposisi yang merusak ekosistem seperti SLS, paraben, palm oil dan juga produk-produk yang tidak mengandung kandungan yang diambil dari hewan.

Selain itu, untuk mengurangi sampah kamu juga bisa menggunakan produk atau kegiatan yang berhubungan dengan kecantikan, namun tidak menggunakan bahan-bahan yang susah terurai seperti plastik.

Kesadaran akan sustainable beauty yang harus mulai dilakukan demi kelangsungan hidup saat ini. Beberapa brand lokal sudah mulai menerapkan konsep sustainable beauty dalam produk-produknya. Mulai dari menggunakan kandungan yang vegan hingga ada yang menggunakan kemasan yang mudah didaur ulang.
 

Brand Kecantikan yang Menerapkan Sustainable Beauty


Penasaran siapa saja brand lokal yang sudah menerapkan konsep ini? Simak dibawah ini.
 

1. Skin Dewi

 

Skin Dewi (sumber: website Skin Dewi)


Sejak pertama kali launching produknya, Skin Dewi sudah mengeluarkan statement menggunakan kandungan dari bahan-bahan natural yang tidak mengiritasi kulit. Skin Dewi juga bebas dari bahan-bahan yang menyakiti hewan atau animal testing.

Packaging yang digunakan pun sudah sangat minim stiker kertas yang juga merupakan salah satu tindakan yang mendukung sustainable living pada area kecantikan.

Enggak heran kalau Skin Dewi banyak banget diminati para beauty enthusiast, selain sayang lingkungan produk-produknya pun diformulasikan untuk meminimalisir terjadinya iritasi.
 

2. Sensatia Botanicals

 

Sensatia Botanicals (Sumber: Website Sensatia Botanicals)


Brand kecantikan asal Bali ini memang mengedepankan konsep sustainable. Mulai dari menggunakan packaging yang mudah di daur ulang hingga menggunakan kandungan-kandungan pada produk yang bersifat natural.

Beberapa teman saya sempat mengatakan bahwa aroma-aroma yang digunakan dalam produk Sensatia Botanicals beraroma herbal, tentu saja ternyata beberapa kandungan yang berfungsi sebagai pengharum dalam produk-produk brand Sensatia Botanicals di ambil dari bahan-bahan natural seperti pomegranate, cucumber, tea tree dan sebagainya.
 

3. Hale

 

Hale (Sumber: Website Hale)


Hale adalah brand skin care lokal asal Indonesia yang cukup baru. Saat ini produk yang sudah dikeluarkan Hale adalah clay mask yang menggunakan kandungan bahan-bahan natural. 

Clay mask ini mengandung licorice extract, green tea dan charcoal clay yang dapat membersihkan kulit. Packaging yang digunakan pada produk masker berupa tube dari alumunium yang lentur. Dengan menggunakan packaging seperti ini, tentu saja penguraian akan lebih mudah dibandingkan menggunakan plastik.
 

4. Haple

 

Haple (Sumber: Instagram @haple.id)


Brand kecantikan yang menjadi salah satu pelopor face oil di tanah air ini dikenal karena ramah lingkungan. Dari segi kandungan, berbagai produk Haple diformulasikan dengan bahan-bahan alami dan bebas dari unsur hewani serta cruelty-free

Baca Juga: Bahaya, 4 Kandungan Skincare yang Enggak Boleh Digabungkan!

Sebagai wujud lainnya yang menjadikan Haple ramah lingkungan adalah dengan memiliki program recycle. Dalam melangsungkan program recycle ini Haple bekerja sama dengan GOLimbah.

Bagi konsumen yang turut berpartisipasi dengan mengirimkan sampah kemasan produk Haple, maka berhak mendapatkan potongan harga produk sebanyak Rp1.000 per kemasan. Menarik bukan?
 

5. Bhumi

 

Bhumi (Sumber: Website Bhumi)


Bhumi menjadi salah satu brand kecantikan berkonsep sustainable yang juga melakukan tindakan nyata. Mulai dari proses produksi yang ramah lingkungan, menggunakan bahan baku yang tidak mengeksploitasi alam, tidak melakukan uji coba pada hewan, hingga kemasan dan distribusi yang minim atau tanpa menyebabkan polusi.

Paling baru, Bhumi juga memulai ‘Refillable Culte’ dengan merilis kemasan produk refill pack yang eco friendly. Bahan yang dipakai merupakan biodegradable self-destructive material.

Kemasan refill pack dapat hancur dengan sendirinya dan tidak berbahaya bagi manusia atau lingkungan. Langkah tersebut dilakukan BHUMI sebagai dukungan untuk mengurangi sampah kemasan produk kecantikan sekali pakai.
 

6. The Bath Box

 

The Bath Box (Sumber: Website The Bath Box)


Rangkaian produk body care dan skin care lokal milik The Bath Box menjawab kebutuhan para wanita sejak tahun 2013. The Bath Box menawarkan produk-produk perawatan kulit terbaik menggunakan bahan alami, dengan harga yang terjangkau.

Mulai dari liquid soap hingga body lotion, serta produk skin care. Produk sabun mandi lokal ini cukup terkenal dengan klaimnya untuk mengatasi permasalahan kulit sensitif, seperti eczema, psoriasis, dan jerawat badan.

Tak hanya peduli terhadap lingkungan, produk-produk dari merek ini juga hadir dengan bahan-bahan organik yang berkualitas dan ramah lingkungan.. Kemasannya pun juga mengusung konsep yang ramah lingkungan.

Itu dia beberapa brand lokal yang mengusung konsep sustainable beauty untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Dari keenam brand di atas adakah yang sudah pernah kamu coba?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.