Jual Saham untuk Nonton Coldplay, Sah?

Boleh enggak sih jual saham untuk nonton konser (sumber gambar: instagram coldplay)

Like

Halo Be-emers! Di antara kebutuhan kita, pasti ada kebutuhan yang tujuannya konsumtif. Apakah menjual saham yang kita punya untuk kebutuhan konsumtif adalah hal yang baik dan wajar-wajar saja?

Kita pernah merasakan nggak sih, kalo lagi scroll-scroll di media sosial dan tiba-tiba muncul pengumuman konser band idola kita? Seperti halnya konser Coldplay yang diumumkan baru-baru ini.

Pasti langsung teriak histeris, kan? Nah, tapi gimana ya kalo tiketnya mahal banget? Apakah kita harus jual saham kita buat beli tiket konser Coldplay? Ini kan termasuk kebutuhan konsumtif yang enggak mendesak banget.

Jual saham demi nonton konser Coldplay? Nampaknya ide yang gila, ya? Tapi jangan-jangan ini jalan terakhir kita untuk bisa nonton konser impian kita. Memang, tujuan investasi setiap orang berbeda-beda. 

Ada yang mau nabung buat pensiun, ada juga yang pengen beli rumah, biayain pendidikan anak, bahkan buat nikah atau liburan juga bisa jadi tujuannya.


Jual Saham untuk Kebutuhan Konsumtif



Tapi, sebelum kita terburu-buru jual saham, kita harus pertimbangkan baik-baik. Kalau memang dari awal kamu udah menyiapkan pos investasi buat hiburan, ya gak masalah juga kok kalau nanti sahamnya dijual.

Pos dana investasi yang dimaksud adalah pos dana investasi yang kita sediakan khusus untuk keperluan hiburan atau rekreasi kita.

Baca Juga: Konser Coldplay di Jakarta Bisa Jadi Ladang Cuan!

Nah, kalo pos dana investasi ini udah ada, kita bisa mempertimbangkan untuk jual saham dan beli tiket konser Coldplay. Jangan sampai kita jual saham yang sebenarnya untuk investasi jangka panjang dan kita jual untuk keperluan jangka pendek, seperti nonton konser.

Tapi, kita harus tetap memperhatikan kondisi keuangan kita, ya. Kita harus pastikan kalo kita nggak akan kesulitan keuangan di masa depan hanya karena sudah jual saham untuk nonton konser Coldplay. Jangan sampai kita nonton konser Coldplay, tapi jadi kesulitan bayar tagihan bulanan, ya.

Selain itu, kita juga harus tetap fokus dengan tujuan investasi kita. Jangan sampai kita jual saham, tapi akhirnya rugi karena harga saham naik. Kita harus tetap konsisten dengan rencana investasi kita.

Jadi, kalau kamu memang punya pos dana investasi untuk hiburan atau rekreasi, dan kamu yakin nggak akan kesulitan keuangan di masa depan, boleh saja jual saham demi nonton konser Coldplay. Kita bisa memanfaatkan pos dana investasi kita untuk memenuhi keinginan kita.

Tapi, ingat ya Be-emers, keputusan untuk jual saham atau tidak harus dipertimbangkan dengan baik-baik. Jangan sampai keinginan kita untuk nonton konser Coldplay mengganggu tujuan investasi kita dan kondisi keuangan kita di masa depan.

Baca Juga: Siap-Siap War, Ini Tips Membeli Tiket Konser Coldplay di Jakarta!

Bagaimana pendapat kamu, Be-emers? Apakah kamu juga akan jual saham buat nonton konser Coldplay?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.