Ingin Beli iPad? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

iPad - Image: Canva

Like

Ringan serta efisien, iPad cocok untuk kamu yang aktif dan produktif. Sebelum membeli iPad, sebaiknya perhatikan sejumlah hal sebagai bahan pertimbangan.

Sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple Inc. selalu berinovasi pada produk-produknya. Termasuk, lahirnya iPad di era 2010 yang terus berkembang hingga kini.

Sebagai calon pembeli, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih iPad.

Baca Juga: Bocoran Tampilan dan Harga Apple iPhone 15!
 

5 Hal yang Diperhatikan sebelum Beli iPad

Sama halnya seperti baju, kamu akan mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari ukuran, bahan, hingga harga.

Begitu juga ketika kamu membeli sebuah gadget. Dengan berbagai variasi tipe, spesifikasi, dan harga, iPad mana yang “pas” untuk kamu beli?


Yuk, pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini:
 

1. iPad Hanya Keinginan atau Kebutuhan?

Sebagai tablet, iPad bisa digunakan untuk membantu pekerjaan, hingga bermain games dan streaming film kesukaan dimanapun dan kapanpun.

Di satu sisi, pembelian gadget pada umumnya harus dilandasi pada sebuah pertanyaan: “Apakah ini hanya keinginan atau memang kebutuhan?”

Keinginan adalah hal yang sebenarnya bisa kamu tunda, ganti, atau tidak sama sekali. Artinya, jika keinginan kamu terwujud, hal itu tidak terlalu berpengaruh pada kehidupan kamu.

 

iPad Hanya Keinginan atau Kebutuhan - Image: Canva


Misalnya, kamu ingin beli iPad hanya karena FOMO (Fear of Missing Out) atau bahkan gengsi. Baiknya, kamu pertimbangkan kembali karena kamu akan mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk membelinya.

Lain halnya jika kamu ingin membeli iPad karena kebutuhan. Misalnya, kamu membutuhkan iPad untuk perangkat kerja yang lebih efisien daripada membawa laptop.

iPad yang dibeli karena kebutuhan akan lebih menguntungkan. Sebab, hal itu justru akan menunjang produktivitas, sehingga kamu tidak akan sia-sia telah mengeluarkan uang untuk membelinya.
 

2. Sesuaikan Budget dengan Harga iPad

Apple memang mengklaim bahwa produk teknologinya adalah premium. Tentu, budget kamu harus sesuai dengan harga iPad yang ingin kamu beli.

Dilansir dari laman iBox, kisaran harga iPad di Indonesia tahun 2023 dimulai dari Rp5 jutaan hingga Rp43 jutaan! Semua tergantung dari tipe, kapasitas memori, hingga jenis konektivitas yang dipilih.

Tentu itu bukan angka yang sedikit, bukan?

 

Sesuaikan Budget dengan Harga iPad - Image: Canva


Untuk itu, menyiapkan budget dan menyesuaikannya dengan tipe iPad yang kamu butuhkan sangatlah penting.

Kamu bisa terlebih dahulu menabung di rekening bank atau berinvestasi jika ingin membeli iPad. Namun, jika kamu membeli iPad dengan cara kredit, pastikan jumlah cicilan yang kamu ambil tidak melebihi kemampuan pengeluaran kamu setiap bulannya.
 

3. Jangan Sembarangan Pilih Tipe iPad

Kini, dilansir dari laman resmi Apple, iPad punya banyak tipe. Mulai dari iPad, iPad Mini, iPad Air, hingga iPad Pro.

Dari banyaknya tipe tersebut, bisa dilihat Apple juga ingin memberikan banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pembelinya.

Jika kamu membutuhkan iPad dengan spesifikasi standar dan budget yang terjangkau, kamu bisa memilih iPad generasi 9 atau generasi 10.

 

iPad 9 - Image: Canva


Kedua iPad tersebut hadir dengan kapasitas memori 64GB hingga 256GB serta didukung Apple Pencil generasi 1 dan A13 Bionic chip.

Untuk kamu yang produktif tapi lebih cocok punya gadget super ringan, iPad Mini bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk kamu yang butuh gadget setara MacBook dengan M1 chip, iPad Air 5 adalah solusinya.

Sementara untuk kamu yang punya budget besar dan membutuhkan tablet yang mendukung produktivitas super tinggi, sebaiknya pilih iPad Pro.

Sebab, iPad Pro memungkinkan kamu untuk memiliki gadget yang efisien dengan spesifikasi super seperti M2 chip hingga kapasitas memori mencapai 2TB!
 

4. Aksesoris iPad Dijual Terpisah

Sebuah gadget tak akan lepas dari aksesoris. Bukan sekedar aksesoris berupa case atau screen protector, iPad punya aksesoris penting yang akan membuat kinerjanya lebih maksimal.

 

Aksesoris iPad Dijual Terpisah - Image: Canva


Saat kamu membeli iPad, kamu hanya akan mendapat satu kabel konektor dan adaptor. Kamu tidak akan mendapatkan aksesoris lain seperti Apple Pencil atau bahkan magic keyboard.

Sebab, aksesoris Apple dijual terpisah. Untuk itu, pembelian aksesoris seperti Apple Pencil dan Magic Keyboard, baiknya juga disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Baca Juga: Apple Rilis Lap Kain Seharga Rp200 Ribuan, Buat Apa Sih Fungsinya?
 

5. Konektivitas iPad

Perlu kamu ketahui, iPad tersedia dalam dua jenis tipe konektivitas: WiFi dan WiFi+Cellular.

Jika kamu memilih iPad dengan konektivitas WiFi, kamu bisa menggunakan iPad dengan jaringan internet WiFi yang tersedia. Seperti WiFi di rumah, tempat umum, hingga tethering dari smartphone.

 

iPad WiFi Only atau Cellular - Image: Canva


Sementara itu, jika kamu memilih iPad dengan konektivitas WiFi + Cellular, kamu bisa langsung berselancar dengan mengaktifkan paket data di iPad.

Namun, pastikan iPad dengan konektivitas WiFi + Cellular tersebut telah memiliki International Mobile Equipment Identity (IMEI) resmi.  Sebab, jika tidak, jaringan dari paket internet kamu tidak akan bisa digunakan.


Dapatkan info terkini terkait teknologi hanya di Bisnis Tekno!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.





Penulis: Rachma Amalia