Abis Nonton Konser Kok Sedih? Awas Post-Concert Depression!

Post-concert depression is real (Foto: Canva)

Like

Lagi banyak banget konser yang sudah dan akan diadakan nih Be-emers! Tapi, habis nonton konser kok malah sedih ya? Waduh, bisa jadi post-concert depression tuh. Cari tahu yuk!

Nonton konser jadi salah satu aktivitas yang bagi sebagian orang sangat ditunggu-tunggu. Banyak juga yang rela war tiket bahkan membeli tiket dengan harga yang mahal hanya untuk nonton konser musisi favoritnya. 

Dari yang biasanya hanya menonton lewat layar kaca, sekarang bisa menikmati secara langsung. Tentu vibes dan antusiasme yang dirasakan berbeda.

Saat indra pendengaran dan penglihatan dirangsang oleh sesuatu yang disukai, tanpa sadar hormon dopamin akan otomatis meningkat kemudian akan merasakan kebahagiaan luar biasa dalam waktu yang singkat ini. 

Tapi, setelah nonton konser kok bisa tiba-tiba sedih ya? Padahal sebelumnya masih sangat excited dan bahagia karena level dopamin yang tinggi.


Post-Concert Depression, Bahaya Enggak Ya?



Post-concert depression justru terjadi karena hormon dopamin yang meningkat dan menimbulkan perasaan bahagia yang berlebih itu tadi. 

Peningkatan hormon dopamin tersebut bersifat sementara, setelah pemicu atau rangsangannya hilang maka hormon tersebut akan berhenti diproduksi. 

Baca Juga: Kalah War Tiket Coldplay? Yuk, Simak 4 Tips Ini!

Saat konser selesai, kita akan kembali ke dunia nyata. Rangsangan berupa musisi dan musik favorit yang membuat excited sudah tidak ada lagi sehingga produksi dopamin dihentikan dan tentunya hormon dopamin dalam tubuh menurun drastis. 

Nah, saat produksi dopamin dihentikan dan riuh konser sudah usai maka kita akan merasakan sebuah kehampaan yang menyelimuti diri.

Meskipun sindrom ini belum secara resmi menjadi diagnosa, post-concert depression merupakan perasaan yang benar-benar dapat dirasakan setelah menonton konser musik atau festival.

Biasanya gejalanya ditandai dengan merasa kekosongan dalam diri, susah fokus dan konsentrasi, serta kehilangan motivasi untuk melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan.

Tentunya jika dibiarkan berlarut-larut post-concert depression sangat tidak baik untuk kesehatan mental penderitanya. Sehingga jika merasa mengalami gejalanya harus segera ditangani. 


Menangani Post-Concert Depression


Saat kamu merasakan perasaan hampa apalagi setelah menonton konser segera lakukan hal-hal berikut untuk meringankannya. 


1. Mencari Aktivitas Baru


Mencari aktivitas baru bisa dilakukan untuk mengalihkan perasaan-perasaan negatif yang ada. Buat dirimu sibuk dengan aktivitas yang memang kamu sukai. 

Saat sibuk pikiranmu akan teralihkan sejenak dari kesedihan dan kamu dapat mencurahkan tenaga ke hal-hal yang lebih positif.


2. Mencari Teman untuk Berbagi Cerita


Saat merasa hampa pasti menyimpan semuanya sendiri bukan hal yang menyenangkan. Apalagi setelah konser pasti ada pengalaman yang dirasakan dan sebaiknya diceritakan ke teman agar tidak terlarut pada kehampaan setelah konser.

Saat bercerita, kita bisa menuangkan perasaan dan lebih tenang. Tidak menutup kemungkinan kita bisa mendapatkan solusi dan sudut pandang lain dari teman.

Baca Juga: Tetap Waras, Ini Kiat Menjaga Kesehatan Mental Melalui Hobi!


3. Dengarkan Musik Idola


Setelah menonton konser biasanya kita masih akan terbawa dalam suasana idola yang kita tonton. Saat tidak bisa mengalihkan pikiran dari idola ini kita bisa mendengarkan musik-musik dari idola.

Mendengarkan lagu bisa membantu memperbaiki suasana hati. Siapa tahu dengan mendengarkan musik idola kita merasa lebih hidup kembali dan perlahan-lahan bangkit dari post-concert depression.


4. Buat Karya


Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat karya. Saat ini orang-orang sudah lebih kreatif dengan membuat konten video pendek baik di reels Instagram atau di TikTok.

Dengan membuat karya sebatas video rekap saat konser, bisa menjadi kenang-kenangan yang tentunya bisa meningkatkan mood saat dilihat kembali. Post karya di media sosial dan tunggu reaksi dari audiens, reaksi positif juga bisa meningkatkan mood.

Yuk, hindari post-concert depression dengan memahami bahwa konser merupakan bagian dari hobi dan hanya berlangsung selama beberapa jam. 

Manfaatkan dengan baik waktu konser sehingga selesai konser tidak ada perasaan sedih yang menjalan ya Be-emers!

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.