sumber gambar WowKeren.com
Likes
Sadar atau tidak sadar terkadang kita sengaja mencari review terpercaya dari KOL sebagai pertimbangan ketika hendak membeli dan menggunakan suatu produk.
Hal tersebut menunjukkan jika KOL atau yang sering dikenal sebagai influencer, memiliki pengaruh yang signifikan di berbagai platform media sosial. Sebelum membahas lebih jauh, kita ulik dulu pengertian dasarnya.
Pengertian Key Opinion Leader (KOL)
Mereka memiliki pengikut yang mempercayai opini dan rekomendasi mereka. KOL dapat berasal dari berbagai latar belakang, seperti selebriti, blogger, vlogger, profesional industri, atau bahkan individu biasa yang memiliki pengaruh besar di media sosial.
Dengan kekuatan mereka dalam mempengaruhi opini publik, KOL dapat membantu merek untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan konsumen.
Kelebihan Menggunakan KOL dalam Bisnis
1. Jangkauan Audiens yang Lebih Luas
KOL memiliki basis pengikut yang setia dan terlibat, sehingga pesan pemasaran dapat menyebar lebih luas dan lebih cepat.
2. Meningkatkan Kepercayaan dan Kredibilitas
Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas merek dengan lebih efektif dibandingkan iklan konvensional.
Komentar
06 Jul 2024 - 06:20
Sangat jitu strategi pemasaran dengan memanfaatkan KOL
25 Jun 2024 - 19:08
Terima kasih, Mbak Nanik
25 Jun 2024 - 15:16
nice nih