Reksa Dana Terbaik 2024, Ini Rekomendasinya Supaya Makin Cuan!

Daftar Rekomendasi reksa dana terbaik 2024, cek daftarnya di sini (Ilustrasi freepik.com)

Like

Be-emers, kamu adalah investor pemula yang lagi cari-cari rekomendasi instrumen investasi yang cocok? Reksa dana bisa jadi salah satu pilih kamu, lho! Reksa dana terbaik 2024 ini bisa jadi pilihan investasi kamu supaya makin cuan.

Jika dibandingkan dengan saham, reksa dana cenderung lebih sederhana dan mudah untuk investor pemula. Sayangnya, banyak yang skeptis dan menganggap bahwa keuntungan investasi reksa dana cenderung lebih kecil dibandingkan saham. 

Padahal jika kamu berinvesasti di reksa dana terbaik, bukan cuma aman tapi kamu tetap bisa dapat cuan yang besar juga!

Cara Memilih Reksa Dana Terbaik 2024

Ketika baru memulai investasi atau dapat dikatakan sebagai investor pemula tentunya, kita akan bertanya-tanya "Bagaimana cara memilih reksa dana terbaik?" Berikut adalah cara memilih reksa dana terbaik supaya kamu makin cuan:

1. Pilih Manajer Investasi Reksa Dana dengan Reputasi Baik

Berbeda dengan saham, ketika kamu berinvestasi di reksa dana maka modal kamu akan dititipkan kepada manajer investasi. Manajer investasi inilah yang akan menentukan keuntungan yang akan kamu dapatkan. Oleh karena itu, pilihlah manajer investasi reksa dana terbaik. 

Baca Juga: Reksa Dana vs Saham: Mana yang Lebih Menguntungkan untuk Pemula?


2. Pertimbangkan Tingkat Keuntungan (Return)

Sama halnya dengan saham, tujuan orang berinvestasi di reksa dana adalah mencari keuntungan. Sebagai investor, kamu perlu mempertimbangkan jenis dan tingkat keuntungan yang mungkin kamu dapatkan.Kira-kira, kamu lebih memilih keuntungan jangka pendek atau jangka panjang. Tentunya, tingkat keuntungan juga akan berbanding lurus dengan jumlah uang yang kamu tanamkan dan lama waktu yang kamu tetapkan. 


3. Perhatikan Profil Risiko

Salah satu mindset yang belum dapat diterima seorang investor pemula adalah siap rugi. Padahal, namanya berinvestasi kamu bukan cuma mesti siap untung, melainkan juga siap rugi. Ketika memilih reksa dana pastikan kamu sudah menghitung profil risiko yang mungkin akan didapatkan. 


4. Perhatikan Dana Kelola (AUM) 

Ketika kamu memilih manajer investasi dalam reksa dana, perlu untuk memerhatikan dana kelola (Asset Under Management). Semakin besar aset yang dititipkan pada manajer investasi dan kecil risikonya, maka manajer investasi tersebut dapat kamu pilih untuk menitipkan dana kelola kamu. 



5. Biaya Kelola (Expenses Rasio)

Kamu juga perlu mempertimbangkan biaya kelola investasi yang akan dihabiskan dalam reksa dana. Sesuaikan dengan target rasio keuntungan yang mungkin bisa kamu dapatkan dari reksa dana.