Pentingnya Mengajarkan Investasi pada Anak Sejak Dini, Orang Tua Wajib Tahu!

Mengajarkan investasi pada anak sejak dini penting untuk dipahami oleh orang tua, berikut tipsnya Sumber Gambar:Freepik

Like

Mengajarkan investasi sejak dini pada anak, penting enggak sih?. Be-emers tahu kan, investasi merupakan cara untuk mencapai tujuan finansial di masa depan. 

Investasi akhir-akhir ini menjadi perbincangan di kalangan generasi milenial, generasi ini dianggap sebagai generasi yang melek investasi, dan mereka menganggap dengan berinvestasi maka seperti mereka menabung untuk masa depan.

Dengan hal tersebut, maka banyak orang tua yang sudah mengajarkan investasi kepada anak-anaknya.

Menjadi tantangan tersendiri ketika memperkenalkan investasi pada anak-anak, karena bukanlah hal yang mudah tetapi juga bukan sesuatu yang sulit.

Baca Juga: Mitos vs Fakta: Boleh Enggak sih Mengajarkan Investasi pada Anak?


Pada dasarnya, investasi sangat penting dilakukan sedini mungkin. Mengenalkan investasi pada anak sejatinya dengan memahami keuangan.

Ketika memperkenalkan sedini mungkin, maka anak semakin memahami pentingnya berinvestasi. Selain itu begini tips menjalankan beberapa contoh pada anak untuk mengajarkan investasi.


Tips Mengajarkan Investasi pada Anak

Berikut adalah beberapa tips mengajarkan investasi pada anak sejak dini yang bisa kamu coba:

Mulai Didik dengan Menabung

Ketika anak sudah mengenal membaca dan menulis, maka bisa mengenalkan uang pada mereka, serta mengenalkan celengan sebagai media untuk menabung.

Mengajarkan pada anak ketika mendapat uang jajan di sekolah sebagian bisa disimpan menjadi tabungan. Dari sisi ini maka anak akan mengerti ternyata dengan menabung uangnya akan bertambah banyak.

Kemudian ketika anak sudah memasuku usia yang cukup maka bisa mengenalkan tabungan dan ATM, mereka akan memahami fasilitas-fasilitas perbankan yang ada.