Bagaimana Cara Mendapatkan Investor? Yuk, Simak!

Cara mendapatkan investor (Format: pixabay.com)

Like

Merintis bisnis dari nol, tentu saja akan membutuhkan usaha ekstra agar tercapai tujuan yang kamu inginkan. Dengan banyaknya kompetitor dan modal yang tinggi, terkadang menjadi hambatan bagi bisnis yang kamu jalankan.

Untuk itu, kamu pun perlu untuk mencari investor untuk menyuntikkan dana bagi bisnis kamu. Namun, sayangnya hal ini bukanlah perkara yang mudah.

Apalagi, jika bisnis yang kamu jalankan tergolong baru dan belum memiliki hasil yang maksimal. Tak perlu khawatir, kali ini akan dibahas mengenai cara mendapatkan investor yang perlu kamu tahu.


Berangkat Dari Masalah 

Usaha atau startup yang kamu miliki harus punya solusi yang tepat untuk masalah yang urgent dan penting dalam kehidupan semua orang. Jadi perkuat dulu nih alasan kenapa kamu membangun startup atau usahamu lalu melangkah ke tahap selanjutnya.

Jika kamu yakin dengan alasan kehadiran startup-mu, maka apapun yang kamu lakukan ke depannya tentu akan sangat mempengaruhi performance dari bisnismu!


Membuat Strategi Pada Usaha yang Kamu Jalani

Investor bertujuan sebagai tempat untuk mendapatkan modal bagi seorang pebisnis. Namun, hal ini tak mudah begitu saja. Pasalnya, kamu memerlukan strategi usaha yang cukup matang.


Sehingga, ketika kamu ingin menarik hati para investor maka diperlukan kemampuan untuk menjelaskan usaha yang kamu akan dirikan. Dengan memiliki strategi bisnis yang matang, maka hal ini akan menjadi nilai tambah bagi para investor.

Untuk itu, kamu pun perlu memiliki strategi bisnis yang tersusun cukup rapi. Dengan begitu, investor pun menjadi tahu bagaimana usaha kamu di masa depan. Hal ini akan membuatnya lebih yakin untuk menanamkan modal kepada bisnis kamu. Coba simak lebih lanjut bagaimana membuat canvas business plan yang baik.


Kenali Resiko Usaha

Dengan menjelaskan resiko usaha yang kamu jalani, dapat sebagai salah satu bentuk dan cara mendapatkan investor. Hal ini dikarenakan setiap usaha pastinya akan memiliki resiko.

Ketika kamu membicarakan dengan investor lebih awal, maka kamu pun telah bersifat jujur dari awal kepada calon investor. Hal ini tentunya perlu untuk kamu bicarakan secara terus terang.

Hindari untuk menyembunyikan resiko usaha yang kamu jalankan. Hal ini dikarenakan akan bisa mengurangi respek dari calon investor. Dengan mengetahui apa saja hambatan yang mungki terjadi, akan dapat menjadi gambaran bagi investor.


Buat Proposal yang Menarik

Proposal menjadi salah satu hal penting yang perlu kamu persiapkan. Hal ini dikarenakan proposal memiliki peran untuk menjembatani hubungan antara perusahaan dengan investor.

Dengan adanya proposal akan menjadi salah satu cara mendapatkan investor yang bisa kamu lakukan. Buatlah proposal yang menarik dan jujur tentang kondisi dari usaha yang kamu jalankan.

Sehingga, hal tersebut akan mampu untuk memberikan dampak yang positif di mata investor. Buatlah proposal dengan sebaik mungkin. Hal ini bertujuan agar calon investor menjadi tertarik untuk menyuntikkan dana pada bisnis kamu.


Event Business & Business Matching

Sudah menyiapkan gambaran besarnya, jangan lupa eksekusi dengan mengikuti berbagai event bisnis. Mengapa demikian?

Biasanya pada event bisnis berbayar, kamu akan mendapatkan sesi Business Matching, atau ini biasanya menjadi tempat kamu mempresentasikan proyek bisnismu. 

Jika tidak ada business matching, maka lakukanlah networking dengan para partisipan lainnya. Ingat keuntungan akan datang jika kamu membuka diri untuk mencarinya. Maka, ikutilah event bisnis yang berbobot.

Jika harus mengeluarkan uang untuk membayarnya, tentu bukan masalah. Sepanjang kamu mengetahui kualitas event dan melakukan networking dengan baik. Maka, tidak ada yang sia-sia. Persiapkan name card-mu, ya! 


Buat Presentasi yang Tidak Membosankan

Selain itu, ketika kamu telah membuat proposal yang menarik maka saatnya untuk melakukan presentasi di hadapan investor. Dengan begitu, calon investor akan lebih percaya kepada bisnis kamu.

Buatlah dan sampaikan presentasi yang semenarik mungkin dan tidak membosankan. Percuma saja, apabila kamu telah membuat proposal sebaik mungkin namun tak bisa menjelaskan kepada investor.

Hal ini tentu saja akan menjadi salah satu kekurangan tersendiri. Pasalnya, presentasi memiliki pengaruh yang sangat besar kepada calon investor.

Dengan penyampaian yang rapi, runtut dan mudah dipahami akan mampu untuk mencuri perhatian dari investor. Buatlah slide yang simpel dan tidak terlalu heboh agar calon investor menjadi mudah paham.

Langkah tersebut dapat menjadi salah satu cara mendapatkan investor yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, nantinya investor akan lebih percaya apabila kamu memiliki kemampuan presentasi yang bagus.

Untuk mencari investor memang dibutuhkan sebuah usaha yang ekstra. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menarik hati para calon investor. Sehingga, nantinya kamu pun akan bisa mendapatkan suntikan dana untuk dapat mendirikan bisnis yang kamu impikan.

Baca juga: Trending di Twitter, Fintech Jouska Dapat Sorotan Keluhan dari Klien