Pengin Semangat Setiap Hari? 7 Tips Menjaga Semangat Tetap Prima!

Like

3. Perbanyak Belajar atau Membaca Buku Agama

Buku agama sering menggambarkan pahlawan-pahlawan dari agama yang telah menghadapi beragam kesulitan dan mengatasinya dengan kesabaran dan kepercayaan.

Buku agama juga biasanya berisi banyak sarana dan panduan untuk menghadapi tantangan hidup. Memahami ini dapat membantu orang membuat keputusan-keputusan yang tepat saat menghadapi tantangan.

Membaca buku agama juga seolah-olah dapat membantu menghubungkan pembaca dengan penulisnya. Ini bisa menciptakan komunitas dukungan yang dapat membantu orang mengalami cobaan.

 

4. Perbanyak Membaca Buku Umum

Membaca buku umum dapat membantu orang memahami dunia lebih baik dan mengembangkan keterampilan kritis berpikir.

Baca Juga: Kelas Menengah Turun Kasta, Apa Penyebabnya?


Membaca buku dapat membantu kita mengerti perspektif orang lain, dan melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda dari yang kita miliki. Ini dapat membantu kita melihat masalah dengan sudut pandang lebih positif.

 

5. Tidak Menyia-Nyiakan Waktu

Jika kita banyak menghabiskan waktu untuk hal yang kurang bermanfaat, semangat akan cepat turun.

Kegiatan scroll layar ponsel akan menyeret satu kemalasan, ke kemalasan yang lain. Contoh scroll ponsel, lihat barang belanjaan bagus, klik barang tersebut, klik barang menjadi klik market place, klik market place jadi lihat dan klik barang-barang lain, masukkan keranjang, begitu seterusnya hingga seseorang tersebut menjadi mengantuk dan tidak jadi melakukan aktivitas kebaikan.

Scroll itulah yang menyebabkan semangat kita untuk baca buku, untuk olahraga, untuk membuat konten, membuat tulisan, mengerjakan sesuatu yang aktif yang lain jadi hilang.

Jadi, bersegeralah mengerjakan suatu kebaikan agar tetap bisa menjaga semangat. Jika kita tidak segera mengerjakan kebaikan tersebut, orang ahli mengatakan, "Kita akan banyak mendapat halangan, seperti mendapat sepotong malam yang gelap, yang membuat seseorang menjadi tidak tahu arah." 
 

6. Jangan Terlalu Bangga Terhadap Kelebihan yang Dimiliki

Contohnya harta, tahta, keluarga, termasuk rupa. Jika seseorang terlalu bangga pada hal tersebut, maka ia akan akan terlalu fokus merawat kebanggaan tersebut dan tidak fokus melakukan kebaikan yang lain. 

Begitu pula ketika hal yang dibanggakan itu rusak atau hilang, dia akan terlalu sedih, hingga dia meninggalkan kebaikan yang lain.

 

7. Jadwal dan Prioritas

Menetapkan jadwal dan prioritas yang jelas dapat membantu orang tetap fokus dan bersemangat dalam mencapai tujuan mereka. Tidak bingung dan tidak kehilangan arah.

Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan. Jaga kesehatan dengan melakukan olahraga, makan seimbang, dan tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan semangat.












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung