5 Ide Kreatif Mengolah Sisa Bahan Makanan, Dijamin Enggak Mubazir!

Like

3. Kaldu tulang

Tulang sapi yang sudah tidak terpakai karena dagingnya sudah habis jangan buru-buru kita buang, tulang-ulang tersebut dapat kita olah menjadi kaldu tulang.

Banyak manfaat dari kaldu tulang, seperti untuk memelihara imunitas tubuh, menjaga kesehatan kulit memperkuat sendi dan sebagai sumber energi.
 

4. Sisa roti tawar

Roti sisa yang tidak termakan jangan langsung kita buang. Banyak cara untuk mengolah sisa roti tawar . Pinggiran roti tawar yang tidak kita makan dapat kita olah menjadi puding roti.

Baca Juga: Merebut Hati Calon Mertua dengan Martabak, Efektif Enggak sih?

Selain itu bisa juga kita olah menjadi produk-produk lainnya yang mempunyai cita rasa lezat. Resep olahan sisa roti dapat kita temukan di internet atau dapat kita coba olah sendiri dengan mengandalkan kretivitas kita.
 

5. Blondo

Blondo adalah sisa pembuatan minyak kelapa yang diolah secara tradisional. Santan kelapa yang dimasak selama berjam-jam akan menghasilkan ampas berwarna coklat dengan bentuk gumpalan-gumpalan kecil. 


Ampas inilah yang disebut blondo, rasanya gurih dan sedikit manis. Bondo biasa dimakan dengan nasi hangat atau dengan jadah, yaitu makanan yang terbuat dari beras ketan.  












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung