5 Ide Kreatif Mengolah Sisa Bahan Makanan, Dijamin Enggak Mubazir!

Ilustrasi sisa makanan yang akan diolah (Sumber gambar : pexels.com/Polina Kovaleva)

Ilustrasi sisa makanan yang akan diolah (Sumber gambar : pexels.com/Polina Kovaleva)

Like

Sisa makanan tidak selalu bermakna makanan lama yang sudah basi dan bau. Sisa makanan dapat diubah menjadi sesuatu yang dapat dikonsumsi kembali, tergantung dari kreativitas orang yang mengolahnya.

Memanfaatkan sisa makanan dapat memberikan nilai lebih, baik dari segi finansial maupun untuk lingkungan karena mengurangi food waste.


5 Ide untuk Mengolah Sisa Makanan

Berikut adalah 5 ide untuk memanfaatkan sisa makanan untuk diolah supaya tidak terbuang sia-sia

1. Sisa nasi

Nasi sering tidak termakan dan tersisa banyak, daripada dibuang dan menimbulkan food waste lebih baik kita manfaatkan. Banyak olahan sisa nasi yang masih diproduksi oleh masyarakat sampai saat ini, seperti nasi aking dan intip.

Nasi aking adalah nasi yang dijemur agar kering dan dimasak diwaktu lain. Nasi aking ini dapat dinikmati dengan kelapa parut, sehingga menimbulkan cita rasa yang berbeda. Selain nasi aking, sisa nasi dapat diolah menjadi intip/kerak nasi.

Proses pembuatan intip cukup sederhana, kerak nasi dikeringkan dan kemudian digoreng sampai renyah.

Baca Juga: Millet, Pengganti Nasi yang Kaya Nutrisi


 

2. Buah yang terlalu matang

Seringkali kita menyimpan buah hingga terlalu matang, pada akhirnya kita akan kebingungan sendiri mengolah buah-buahan tersebut.

Tak jarang malah dibuang begitu saja. Padahal masih banyak cara yang dapat digunakan untuk mengolah buah-buhan tersebut agar tidak sia-sia terbuang di tempat sampah.

Buah-buahan ini dapat diproses menjadi selai, diblender untuk dibuat menjadi smoothie atau dapat kita olah menjadi es krim.