Mungkinkah Kita Terbebas dari Middle Income Trap?

Like

5. Birokrasi yang Lambat

Birokrasi rumit dan lambat menjadi citra buruk Indonesia. Bukan hanya tidak membanggakan hal tersebut juga merupakan salah faktor penghambat Indonesia mencapai status negara maju.
 

6. Tingkat Korupsi yang Tinggi

Bisa dikatakan bahwa skor Indeks Persepsi Korupsi Indonesia berada di level yang mengkhawatirkan. Dimulai dari sektor rendah hingga tinggi, korupsi seakan menjadi budaya. Ironisnya korupsi sering kali terstruktur sehingga semakin sulit dihilangkan.

 

Cara Menuntaskan Masalah Middle Income Trap

1. Peningkatan Kualitas Pendidikan

Untuk menjadi negara maju, Indonesia harus memperbaiki sistem pendidikannya, terutama di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

Selain itu, pemerintah harus memperkuat pendidikan vokasional dan pelatihan kerja yang relevan dengan kebutuhan industri. Ini akan membantu mengurangi kesenjangan keterampilan antara tenaga kerja yang tersedia dan permintaan pasar kerja.

Namun, sayang pendidikan juga masih jauh dari harapan. Bukan menjadi solusi justru dalam pendidikan juga menjadi salah satu kadang korupsi.
 

2. Reformasi Birokrasi dan Penegakan Hukum

Reformasi birokrasi dan penegakkan hukum secara besar-besaran, itu yang seharusnya dilakukan.


Efisien dan transparan harus menjadi prioritas utama. Penggunaan teknologi dalam administrasi publik, seperti penerapan e-government, dapat mengurangi tumpang tindih birokrasi dan meningkatkan kecepatan pelayanan.

Namun, masalahnya, hukum yang seharusnya menjadi alat penegakkan keadilan justru banyak disalah gunakan. Pada akhirnya hukum sering kali berubah mengikuti kepentingan segelintir golongan.

Baca Juga: Mengatur Keuangan Kelas Menengah Supaya Tetap CUAN!
 

3. Diversifikasi Ekonomi

Untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada komoditas, Indonesia harus mendorong pertumbuhan sektor-sektor lain yang bernilai tambah tinggi, seperti manufaktur, teknologi, dan jasa.

Pemerintah perlu memberikan insentif bagi pengembangan inovasi dan kewirausahaan di sektor-sektor ini, serta memastikan adanya infrastruktur yang mendukung pertumbuhannya.
 

4. Pengembangan Infrastruktur yang Merata

Infrastruktur yang baik tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi tetapi juga akan mengurangi kesenjangan antar wilayah.

Pemerintah harus memastikan bahwa proyek infrastruktur yang dibangun harus tersebar luas ke seluruh penjuru wilayah termasuk daerah terpencil di Indonesia.
 

5. Perbaikan Tata Kelola Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial

Pemerintah perlu memperkuat program-program kesejahteraan sosial yang memastikan akses pendidikan, kesehatan, dan kesempatan kerja bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan demikian, masyarakat yang sebelumnya terpinggirkan dapat berpartisipasi lebih aktif dalam ekonomi, sehingga mendorong pertumbuhan yang lebih inklusif.

 

Apakah Menjadi Negara Adidaya Itu Mustahil?

Dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, populasi yang besar, dan letak geografis yang strategis, seharusnya Indonesia mampu menjadi pemain utama di panggung global.

Namun, untuk mencapai hal tersebut, Indonesia harus bisa melepaskan diri dari berbagai kendala yang ada saat ini dan melakukan reformasi besar-besaran di berbagai sektor.

Kepemimpinan yang kuat, jujur, dan adil adalah salah satu kunci utama bagi negara kita untuk mewujudkan mimpi menjadi salah satu negara adidaya di dunia.

Diperlukan keseriusan dalam melaksanakan perubahan yang mendasar dan konsisten di berbagai sektor, mulai dari ekonomi, pendidikan, hingga teknologi.

Selain itu, keterlibatan kita dan semua elemen masyarakat, baik pemerintah, sektor swasta, maupun masyarakat sipil, sangat penting dalam mendukung proses transformasi ini.

Hanya dengan sinergi yang kuat dan komitmen bersama, Indonesia dapat melangkah lebih dekat menuju pencapaian visi besar tersebut. Indonesia bebas korupsi langkah awal mewujudkan mimpi ini. Apakah hal itu mungkin  untuk diwujudkan?

#Mon-FridayChallengeSepetember









----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung