Bossware, Solusi untuk Bos Pantau Karyawan Ketika WFH!

Like

Apa keuntungan dan kelemahan Bossware

Dari seorang pakar teknologi,  keuntungan menggunakan bossware dianggap untuk meningkatkan akuntabilitas dan produktivitas dan memudahkan manajer untuk memantau prodyk secara real-time, high technology untuk tracking productivity dalam parameter untuk penentuan kinerja berbasiskan “performance”.  

Karyawan yang efektif bekerja dan produktif akan diketahui secara mudah dan mendapat ganjaran untuk kompensasi benefit gaji atau bonus.

Di sisi lain kelemahan utamanya adalah potensi dampak negatif dari moral karyawan, mereka sering tidak dipercaya atau dipantau secara berlebihan.  

Penggunaan Bossware yang terlalu ketat bisa mengurangi kepuasan kerja dan merugikan motivasi.

Bahkan Boosware  merusak privasi dari karyawan karena atasan dapat melihat data pribadi yang sebenarnya tidak diperlukan oleh atasan/perusahaan. Info pribadi dapat disalah gunakan oleh atasan untuk hal yang lainnya.


Baca Juga: Hal-Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan untuk WFH
 

Kesimpulan

Bossware dapat menjadi alat yang berguna untuk memantau pekerja WFH, namun, harus digunakan dengan bijaksana (hanya fitur-fitur yang penting saja yang dipakai).  

Penting untuk menemukan keseimbangan antara kebutuhan untuk memantau produktivitas dan menjaga kepercayaan serta kepuasan karyawan.  

Sebuah pendekatan yang lebih mausiawai dengan komunikasi yang terbuka dan dukungan jauh lebih efektif untuk jangka waktu panjang.












---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung