Pelajaran dari Memaknai Sejarah, Membuat Kita jadi Lebih Bijak

Like

Tanpa belajar sejarah, sebuah bangsa akan lupa dari mana dia berasal, mau ke mana arah yang dituju. Bahkan tanpa belajar sejarah, dapat menghancurkan peradaban suatu bangsa.

Seorang bijak pernah berkata, “untuk menghancurkan sebuah bangsa, hancurkanlah sejarahnya”.

Karena itu mari kita terus belajar dan memaknai sejarah bangsa demi kemajuan dan keberlanjutan bangsa yang lebih baik.

Baca Juga: Momen Bersejarah Paus Fransiskus ke Indonesia, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil!

Perlu diingat pula, bahwa sejarah itu adalah identitas bangsa. Melalui pembelajaran sejarah, kita akan menunjukkan jati diri kita sesungguhnya.


Sejarah itu juga akan membuat kita kritis terhadap realitas. Artinya sejarah akan membantu kita menyikapi berbagai isu saat ini. Baik itu isu sosial, ekonomi, politik, dan yang lainnya.

Akhir kata mari kita tetap menghargai sejarah perjalanan bangsa di masa lalu. Kita jadikan sebagai kekuatan bangsa di masa kini dan mendatang. Jasmerah! Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah.










---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung