Mengenal Social Enterpreneur dan Jiwa Heroes yang Dimilikinya

Mengenal Social enterpreneur (sumber gambar: GoThinkBig))

Mengenal Social enterpreneur (sumber gambar: GoThinkBig))

Like

Social Enterpreneur adalah orang-orang yang mampu menghasilkan inovasi, kreativitas, serta kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat.

Seorang social Enterpreneur memiliki jiwa sosial yang tinggi. Berbeda dengan wirausaha biasa yang hanya mencari keuntungan dan kepuasan pribadi.

Namun, bukan hanya itu, tujuan sebenarnya dari sebuah usaha, sebab kekayaan yang diperoleh hanyalah sebuah bonus. Sifat dan karakteristik dari pengusaha pun berbeda-beda.

Dikarenakan sifatnya adalah sosial, maka tujuan utama dari wirausaha sosial ini bukanlah untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya dan bukan juga untuk memperoleh kepuasan pelanggan. Namun, lebih mengarah kepada hasil dari gagasan dan inovasi yang dibuat apakah bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Maka dari itu, tidak mudah untuk menjadi seorang wirausaha sosial.  Tapi jika kamu memiliki  karakter berikut mungkin kamu dapat menjadi seorang social Enterpreneur.
 

1. Jiwa Sosial yang Tinggi

Hal yang paling utama dimiliki seorang wirausaha sosial adalah jiwa sosial dan kepedulian yang tinggi. Dari awal sudah jelas, tujuan dari kegiatan ini adalah menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.


Dengan begitu, seorang wirausaha sosial harus memiliki kepekaan sosial yang tinggi guna pendekatan dengan masyarakat.
 

2. Pantang Menyerah dan Etos Kerja Tinggi

Kegiatan ini mencakup masalah yang sulit dan seringkali membuat kepala pusing. Sehingga, bukan hanya skill dan ilmu saja yang diperlukan, tapi kerja keras menjadi modal agar wirausaha sosial bisa tetap maju dan berusaha.
 

3.Mempunyai Kemampuan Analisa yang Baik

Seorang wirausaha sosial harus memiliki kemampuan analisa yang baik agar dapat menentukan bagaimana masalah dapat timbul dan diselesaikan. Di dalam masyarakat yang majemuk permasalahan yang timbul pun begitu komplek. Sehingga, analisa yang dilakukan harus akurat.
 

4. Tidak Mudah Puas

Adakalanya manusia merasa puas akan pencapaiannya. Tetapi tidak bagi seorang wirausaha sosial. Hal ini karena permasalahan yang terjadi di dalam masyarakat akan selalu ada dan tidak ada hentinya. Maka, seorang wirausaha sosial dituntut agar selalu berinovasi dan terus berkembang.
 

5. Mau Terus Belajar

Untuk menjadi seorang wirausaha sosial juga dibutuhkan ilmu yang memadai. Sehingga, seorang wirausaha sosial harus mau terus belajar untuk meningkatkan kemampuan juga terus belajar dari pengalaman agar dapat perkembang.
 
 
" Seorang pemimpin ada Bukan Karena Dilahirkan tapi Dijadikan Melalui Proses yang Panjang dan Penuh Perjuangan.