Mencari Peruntungan Lewat Unpaid Intership, Kira-Kira Gimana Prospeknya?

Like

Yang perlu dilakukan sebelum mulai melamar:

Namun, masih banyak oknum yang memanfaatkan anak magang (apalagi yang tidak menerima rupiah) dan melakukan eksploitasi di luar jobdesc mereka. Berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai melamar:

Alasan yang kuat

Sebelum mulai melamar, kamu harus memiliki alasan yang kuat. Apakah untuk menambah portofolio, menambah pengalaman, atau sekedar mengisi waktu luang.

Alasan ini juga menjadi kunci untuk mempersiapkan berkas serta tes wawancara jika ada. Selain itu, kamu juga perlu memiliki alasan agar tidak mudah drop down sebelum masanya selesai.


Baca Juga: Meski Terkesan Useless, Berikut 3 Alasan Utama Mengikuti Unpaid Internship!


Perusahaan yang membuka lowongan

Berikutnya adalah riset perusahaan terkait. Perusahaan yang kredibel dan dapat dipercaya juga dapat menjadi pengangan untuk karir kamu kedepannya.

Pengalaman kamu akan dipertanyakan jika ternyata perusahaan tempat magang tidak terdaftar atau memiliki track record yang buruk.
 

Benefit yang didapat

Kamu juga harus melihat benefit yang kamu dapatkan setelah menyelesaikan program magang karena kamu tidak dibayar dengan rupiah.


Biasanya, mereka akan memberikan rekomendasi, sertifikat, atau benefit-benefit lainnya. Pertimbangkan juga durasi magang dan jobdesc yang akan kamu kerjakan dan bandingkan dengan benefit yang akan kamu peroleh.

Program magang yang tidak memberikan upah biasanya lebih cocok untuk orang-orang yang hanya ingin coba-coba merasakan bekerja di suatu perusahaan.

Meski dianggap sepele, program ini tetap saja tidak bisa dianggap main-main. Saat magang kamu akan melakukan pekerjaan maksimal namun dengan gaji minimal.

Di era terbatasnya ketersediaan lapangan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup, magang tanpa upah rupiah justru menjadi pelarian. Bagaimana pendapatmu?







---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung