Mencari Peruntungan Lewat Unpaid Intership, Kira-Kira Gimana Prospeknya?

Ikut magang bisa menambah pengalaman dan memperluas relasi (Sumber: Pexels)

Ikut magang bisa menambah pengalaman dan memperluas relasi (Sumber: Pexels)

Like

Saat ini, banyak lowongan-lowongan unpaid intership berseliweran di media sosial. Para perusahaan start-up khususnya di bidang industry kreatif banyak membuka lowongan magang unpaid.

Mereka biasanya mencari tenaga kerja yang mumpuni, pembelajar cepat, namun dengan modal yang minim (alias tidak dibayar).


Mencari Peruntungan Lewat Unpaid Intership, Worth It kah?

Menurut KBBI, pegawai magang adalah calon pegawai yang belum diangkat secara tetap serta belum menerima gaji atau upah karena dianggap masih dalam taraf belajar.

Meski begitu, Kementrian Ketenagakerjaan lewat instagramnya mengatakan bahwa pegawai magang juga berhak diberikan uang saku karena telah mengikuti program.

Program magang biasanya diburu oleh mahasiswa menjelang tingkat akhir sebelum benar-benar terjun di lapangan kerja sebenarnya.

Aku juga pernah mengikuti program magang dalam jaringan di salah satu penerbit buku untuk mengisi waktu luang selama liburan. Memangnya, apa manfaat mengikuti magang yang tidak memberikan rupiah sebagai bonus tambahan?


Baca Juga: Unpaid Internship, Worth It Apa Enggak Sih?


Benefit Unpaid Intership

Menambah wawasan

Mengikuti program magang dapat menambah pengetahuan kamu sesuai dengan program magang yang diikuti. Kamu akan diajari secara langsung cara kerja suatu perusahaan.


Menambah pengalaman

Menjadi pegawai magang merupakan salah satu pengalaman yang bisa masuk ke dalam CV kamu. Proyek yang dikerjakan selama magang juga dapat menjadi tambahan portofolio kamu. Kamu juga berkesempatan terjun langsung dan merasakan atmosfer tempat kerja yang sesungguhnya.


Menambah relasi

Benefit lain yang bisa didapat tak lain adalah relasi. Relasi pertemanan dan relasi dengan kolega bisa menambah jaringan kamu untuk mendapat informasi. Jika performa kamu selama magang baik, kamu bisa mendapat peluang untuk direkrut ulang oleh mereka.