Apa Perbedaan Budaya Kerja Startup dan Korporasi?

Budaya bekerja startup atau korporasi (Format: Pixabay.com)

Budaya bekerja startup atau korporasi (Format: Pixabay.com)

Like

Perusahaan startup atau rintisan, mungkin terdengar tidak asing untuk sebagian orang. Istilah ini populer di tahun 2010an, dan umumnya bergerak di bidang inovasi teknologi dan mendapatkan keuntungan dari dunia digital.

Sebelum kamu berniat untuk masuk di perusahaan startup, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu budaya kerja di perusahaan startup. Karena berbeda dengan korporasi, selengkapnya simak perbedaan budaya kerja startup atau korporasi berikut.


Waktu Kerja Yang Berbeda

Kamu tentunya tahu jika bekerja di perusahaan korporasi lebih memiliki jam kerja yang terstruktur. Berangkat jam sekian dan akan pulang di jam sekian, dan dilakukan setiap hari. Bahkan, terkadang ada sanksi jika terlambat datang tak sesuai jam kerja.

Sementara pada perusahaan startup, jam kerja lebih fleksibel. Sebab, yang dinilai bukan waktu kerja, melainkan proses hingga hasil pekerjaan kamu.

Jika kamu ingin cepat selesai, maka kamu bisa datang lebih awal. Datang terlambat bukan masalah, selama pekerjaan selesai.


Seleksi Masuk Perusahaan

Kamu yang sudah merasakan seleksi masuk perusahaan tentunya tahu bagaimana sulitnya beberapa tahapan yang harus kamu penuhi. Hal ini sangat berbeda dengan budaya yang ada di perusahaan startup yang lebih simple dan mudah.


Startup lebih memudahkan calon pekerja dan tetap ada kriteria calon yang harus berkualitas. Hal ini menjadi perbedaan budaya kerja startup atau korporasi yang harus kamu pahami sebelum kerja di perusahaan startup. 


Perihal Gaji dan Tunjangan

Untuk gaji, tentunya kedua perusahaan ini akan berbeda sistemnya. Kamu akan mendapatkan gaji lebih memuaskan di perusahaan startup.

Tetapi, itu tergantung performa yang kamu berikan dan keahlian yang dikuasai. Hal itu berbeda dengan korporasi, yang umumnya gajinya setara.

Hal yang membedakan adalah jabatan dan tunjangannya. Sementara di startup, kamu bisa mengambil sebanyak yang kamu bisa. Asalkan, kamu terus memberikan kualitas terbaik kamu, mengingat perusahaan ini masih menjadi perusahaan yang berkembang.

Hanya saja, di perusahaan startup, kamu akan jarang mendapatkan bonus maupun tunjangan. Namun, ada juga beberapa perusahaan yang menawarkan share profit. Sehingga, jika kamu berhasil mendapatkan proyek atau tender, akan mendapatkan pendapatan yang besar. 


Komunikasi Terbuka dan Jujur

Perbedaan budaya kerja startup atau korporasi yang selanjutnya adalah masalah komunikasi. Apabila di perusahaan korporasi, kamu harus menembus birokrasi jika harus terbuka dan jujur. Sangat berbeda dengan di perusahaan startup yang begitu seru.

Kamu bisa dengan mudah menyampaikan ide langsung kepada CEO. Karena umumnya, karyawan maupun bos berada di usia yang tak jauh berbeda.

Begitu juga dengan latar pendidikannya, yang juga tak jauh berbeda. Sehingga, akan lebih mudah untuk memahaminya.

Dengan begitu, akan lebih mudah dalam menyelesaikan segala urusan, karena budaya kerja yang positif. Sangat berbeda dengan perusahaan korporasi yang sulit untuk menyampaikan pendapat secara langsung kepada atasan. 


Lingkungan Kerja yang Nyaman

Suasana bekerja yang nyaman akan membuat produktifitas pekerja semakin meningkat. Hal inilah yang akan kamu dapatkan ketika bekerja di startup. Bahkan, kamu bisa bekerja dimana saja sesuka hati kamu, selama pekerjaan kamu selesai.

Lingkungan kerja ini menjadi perbedaan budaya kerja startup atau korporasi selanjutnya. Di perusahaan korporasi juga bisa mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Tetapi, terkadang, masih ada intimidasi dari sesama karyawan maupun CEOnya.

Budaya yang ada di perusahaan startup memang terlihat berbeda dengan yang lainnya, terutama dengan perusahaan korporasi. Namun, meskipun berbeda, kamu yang sudah bekerja harus adaptasi dengan budaya tersebut. 

Nah, menurut data yang didapatkan dari Kumparan, hampir 24 persen anak muda sekarang justru lebih senang berwirausaha dan ingin memiliki startup sendiri.

Wah, sudah waktunya nih teman-teman berpikiran terbuka terhadap berbagai peluang. Kalau bingung mau usaha apa, simak saja berbagai ulasan Bisnis Muda terkait peluang usaha, yah! 

Baca juga: Bisnis Vs Kerja? Emang Harus Salah Satu?