Mengembangkan Bisnis Handmade, Dari Kerajinan Tangan jadi Sumber Cuan

Dari Hobi Jadi Bisnis: Tips Memulai Usaha Handmade dengan Modal Kecil (Sumber gambar: Freepik)

Dari Hobi Jadi Bisnis: Tips Memulai Usaha Handmade dengan Modal Kecil (Sumber gambar: Freepik)


Siapa di antara kita yang masih menganggap kerajinan tangan hanya sebagai hobi atau aktivitas untuk mengisi waktu luang?

Sebenarnya, kerajinan tangan dapat menjadi bisnis yang menjanjikan! Di era digital ini, bisnis handmade semakin banyak menarik perhatian.

Selain unik, bisnis ini juga menjunjung tinggi kualitas dan nilai seni, sehingga menargetkan pasar yang lebih spesifik.

Baca Juga: Strategi Cuan dari Bisnis Kerajinan Tangan, Biar Enggak jadi Sekadar Hobi


Keunggulan Bisnis Kerajinan Tangan

Berikut adalah beberapa keunggulan bisnis kerajinan tangan yang bisa kamu dapatkan:
  • Menciptakan produk yang unik: Produk handmade biasanya memiliki ciri khas yang berbeda dari produk lain; hal ini dapat menarik minat konsumen untuk membeli barang yang istimewa.
  • Jangkauan pasar yang luas: Beberapa produk handmade dapat dijual ke pasar global maupun internasional.
  • Modal rendah: Bisnis ini sangat cocok bagi kamu yang baru memulai karena tidak memerlukan modal yang besar. Kamu juga bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar untuk didaur ulang.
  • Lebih fleksibel: Bisnis ini menawarkan waktu  produksi yang lebih fleksibel, sehingga cocok untuk dijadikan usaha sampingan. Pastikaan untuk menyesuaikan dengan kemampuanmu.


Tips untuk Mengembangkan Bisnis Kerajinan Tangan Agar Menguntungkan

Dengan strategi yang tepat, bisnis ini dapat menjadi peluang besar untuk meraih keuntungan. Penasaran bagaimana caranya?


Yuk, pelajari contoh sukses dari Mr Generie, UMKM milik Kak Jennifer yang berhasil mengubah kerajinan tangan menjadi sumber pendapatan!


1. Temukan Niche atau Keunikan Produk 

Keunikan menjadi salah satu nilai jual dalam bisnis kerajinan tangan. Kamu bisa menciptakan produk yang beda dari yang lain, mulai dari bahan yang digunakan, desain produk, dan teknik pembuatan.

Ini menjadi hal penting agar produkmu mudah dikenali. Beberapa niche yang menarik seperti kerajinan tangan berdesain modern yang terbuat dari bahan daur ulang, aksesoris atau fashion etnik, atau dekorasi rumah yang menggunakan bahan ramah lingkungan.

Fokuslah pada satu niche yang paling kamu kuasai agar kamu bisa membuat branding yang kuat terhadap produk yang dihasilkan.



2. Kualitas dan foto produk yang menarik

Salah satu yang membuat konsumen puas dengan produk kita adalah dengan menjaga kualitas produk yang ditawarkan. Sehingga, mereka tidak ragu untuk membeli lagi dan merekomendasikan produk kita ke orang lain.

Be-emers, ini bisa menjadi salah satu cara promosi produk secara tidak langsung, lho. Kamu juga bisa menyediakan layanan custom atau beberapa produk limited edition agar produk yang mereka beli terasa spesial. Hal ini juga bisa menjadi alasan bagi pembeli untuk mau membayar lebih. 

Selain kualitas, foto produk yang eye-catching juga menjadi hal yang paling penting untuk menarik calon pembeli.

Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus menggunakan jasa profesional, karena sekarang sudah banyak tersedia aplikasi photo editor atau tutorial foto produk di media sosial.