Penyebab Depresi dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab depresi adalah (Sumber: Pixabay.com)

Penyebab depresi adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Kehidupan yang dijalani oleh setiap orang memang tidak selalu mulus dan bahagia. Ada waktu tertentu dimana kamu harus dihadapkan pada masalah hidup yang cukup berat.

Menurut Bisnis.com, Sri Mulyani mengatakan bahwa ada banyak cara untuk mengatasi stres. Salah satunya adalah melakukan hobby. Seperti bermain musik, melukis, atau membaca buku. 

Kondisi ini bisa berdampak pada kesehatan mental yang berujung pada depresi. Beberapa masalah yang timbul akibat depresi yaitu gangguan kecemasan hingga menyakiti diri sendiri.

Mengingat dampak depresi perlu diwaspadai, maka pengetahuan mengenai penyebab depresi dan cara mengatasinya sangatlah penting. Untuk memahami lebih dalam tentang depresi, simak ulasan berikut.


Hal Hal yang Bisa Menyebabkan Munculnya Depresi

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami depresi. Salah satunya yaitu ketidakstabilan reaksi kimia yang ada di dalam otak, yang berakibat pada perubahan suasana hati seseorang.

Selain itu, perubahan biologis pada seseorang juga bisa mengakibatkan seseorang mengalami depresi. Namun, dalam penelitian ini perubahan fisik tersebut belum dijelaskan secara pasti.


Perubahan hormon di dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu pemicu munculnya depresi. Biasanya perubahan hormon ini lebih sering dialami oleh kalangan wanita seperti ibu hamil, saat sedang datang bulan maupun menopause.

Para peneliti juga berasumsi jika penyebab depresi juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Orang yang memiliki keluarga yang sering terkena depresi, memiliki peluang yang lebih tinggi terhadap kesehatan mental satu ini.

Tak hanya faktor dari dalam saja, depresi juga bisa dikarenakan faktor yang ada di luar individu. Kurangnya rasa percaya diri dan sering menyalahkan diri sendiri bisa menyebabkan seseorang semakin frustasi.

Kejadian traumatik seperti pelecehan seksual maupun penyiksaan fisik juga bisa menjadi penyebab munculnya depresi. Faktor lainnya yaitu kehilangan orang yang sangat dicintai ataupun sedang dalam gangguan mental.

Adapun hal  lain yang bisa memperparah gangguan kesehatan mental ini antara lain, konsumsi alkohol atau penyakit kronis. Orang yang sedang dalam pengobatan tertentu juga rentan terkena depresi. 


Beberapa Tips Mengatasi Depresi yang Bisa Kamu Coba

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi. Agar mendapatkan hasil yang efektif, kamu juga perlu mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab depresi. 

Biasanya orang yang mengalami depresi disarankan untuk mengonsumsi obat obatan anti depresi. Namun resep obat tersebut harus sesuai dengan anjuran konseling psikolog.

Adapun beberapa obat yang kerap digunakan untuk mengatasi depresi antara lain serotonin-norepinephrine, selective serotonin reuptake inhibitors dan trazodone. Bisa juga dengan antidepresan trisiklik seperti imipramine.

Di lain mengkonsumsi obat anti depresi, penderita depresi juga perlu melakukan psikoterapi dengan bantuan konselor maupun dokter. Cara mengatasi depresi ini ditujukan untuk mengenali hal yang menyebabkan depresi.

Selain itu, anda juga perlu melakukan beberapa tindakan untuk mengurangi depresi agar tidak semakin parah. Beberapa diantaranya yaitu dengan selalu rutin mengkonsumsi obat depresi.

Usahakan untuk tidak berhenti mengkonsumsinya kecuali jika hal tersebut adalah saran dokter. Mengingat pemutusan obat bisa meningkatkan gejala dari gangguan kesehatan mental satu ini. 

Kamu juga bisa mengurangi depresi dengan menyedikitkan beban pekerjaan atau kegiatan yang perlu diselesaikan. Karena bisa saja penyebab depresi yang kamu alami karena  merasa kelelahan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi yang kamu alami. Kamu juga bisa memperbaiki suasana hati dengan menuliskan apa yang kamu rasakan di buku harian.

Ada saatnyamu membutuhkan waktu untuk melakukan kegiatan yang mendekatkan diri dengan keluarga. Selain itu, kamu juga perlu menghindari hal hal yang memperparah depresi yang kamu alami.

Kamu juga perlu menyingkirkan berbagai pikiran negatif yang bisa memperparah depresi. Mencari lingkungan yang positif juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mencegah depresi. 

Baca juga: Ingin Tidak Stress Saat Pandemi Corona? Berikut Tipsnya!