Pandemi Justru Dinilai Jadi Momen Pas untuk Investasi? Ini Alasan dan Tipsnya

Confused - Canva

Confused - Canva

Like

Pandemi Covid-19 memang berdampak banget sama kondisi ekonomi kita, Be-emers. Bahkan, banyak yang menyarankan kalau selama pandemi ini kita perlu untuk lebih berhemat dan menjaga kondisi keuangan dengan lebih baik.

Lalu, gimana dengan investasi?

Nah, meski pandemi, investasi justru tetap perlu untuk kamu lakukan nih, Be-emers. Soalnya, investasi tentunya bikin kamu jadi punya persiapan untuk kebutuhan masa depan.

Meski pasar modal sempat rontok dan cenderung bergerak fluktuatif akibat pandemi, tapi menurut Investment Group Head Tugure Nurfalah, dikutip dari laman Bisnis, hal itu justru jadi momen yang pas untuk berinvestasi lho, Be-emers!

Bahkan, Nurfalah menilai, saat IHSG yang terjun tajam, itu merupakan indikasi peluang investasi masih menjanjikan. Untuk itu, ada beberapa tips dari Nurfalah, jika kamu ingin memulai investasi di masa pandemi ini.


Baca Juga: Begini Cara Investasi ala Lo Kheng Hong saat Bursa Anjlok
 

Perhatikan Performa Saham

Selama ini, saham dengan performa baik lebih sering direkomendasikan untuk dikoleksi. Namun, pihaknya justru mewanti-wanti nih untuk berinvestasi pada saham dengan performa baik.

Menurutnya, saat pandemi, pastikan kamu cenderung memilih saham dari emiten yang punya performa recovery (pemulihan) paling cepat untuk dibeli. Meskipun saham di geng LQ45 dan IDX30 masih menjanjikan.

Selain itu, sejumlah emiten di sektor properti, manufaktur, hingga perbankan telah menjadi emiten yang cukup tertekan dengan pandemi ini. Untuk itu, menurutnya, kinerja emiten di sektor tersebut diprediksi enggak akan terlalu moncer, bahkan untuk waktu yang cukup panjang.

Baca Juga: Jangan Gegabah, Simak Tips Ini saat Kamu Bingung Berinvestasi
 

Coba Investasi Emas

Selain investasi saham di pasar modal, enggak ada salahnya juga kamu memilih investasi emas lho! Soalnya, sebagai aset safe haven, emas dinilai unggul dibanding saham atau instrumen dengan risiko yang lebih tinggi lainnya.

Harga emas setiap waktunya akan cenderung meningkat. Bahkan, sepanjang tahun ini, harga emas global sempat menyentuh rekor US$2.000 per troy ounce dan emas 24 karat dalam negeri sudah berada di level Rp1 juta per gram!

Jadi, mana nih yang kamu pilih? Sesuaikan dengan kondisi keuangan dan profil risiko kamu juga ya!

Baca Juga: Pilih Emas Batangan atau Perhiasan? Mana yang Lebih Cuan?