Banyak Sentimen Positif, Reksa Dana Pendapatan Tetap Masih Jadi Opsi yang Menarik Lho

Choose - Freepik

Choose - Freepik


Di antara produk reksa dana lainnya, reksa dana pendapatan tetap dinilai masih jadi reksa dana yang menarik sampai akhir tahun ini lho, Be-emers. Hal itu pun terjadi seiring pemulihan ekonomi yang masih lambat.

Berdasarkan data Infovesta Utama, yang dilansir Bisnis, hingga kuartal II/2020 reksa dana pendapatan tetap berhasil mencetak imbal hasil paling tinggi, yakni hingga 2,75 persen dari kuartal sebelumnya.

Baca Juga: Reksa Dana Pendapatan Tetap Jadi Aset Aman saat Resesi? Ini Alasannya

Bahkan, kalau dilihat dari kinerjanya sepanjang tahun berjalan ini, reksa dana pendapatan tetap masih jadi yang paling unggul dari produk reksa dana lain.

Secara year to date, imbal hasil reksa dana pendapatan tetap yakni mencapai 5,23 persen.


Menurut Direktur Riset dan Kepala Investasi Alternatif Bahana TCW Investment Management Soni Wibowo, kinerja positif reksa dana pendapatan tetap ini bakal berlanjut hingga akhir tahun 2020.

Soalnya, Soni menilai, pemulihan pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan berjalan lambat. Sedangkan di waktu bersamaan, uang beredar semakin banyak, begitu pula dengan perbankan yang kebanjiran likuiditas. 

Dengan kata lain, banyak orang yang akan lebih memilih obligasi ketimbang saham dan pasar uang. Hal ini tentunya akan mengerek kinerja reksa dana pendapatan tetap yang berbasis pada obligasi.

Adapun, menurut Soni, pasar saham sebenarnya masih jadi pilihan terakhir, mengingat volatilitasnya yang sangat tinggi.

Semantara itu, instrumen pasar uang tertekan oleh kemungkinan pemangkasan suku bunga acuan dan suku bunga deposito yang kian mengecil. 

Baca Juga: Reksa Dana Syariah Bisa Jadi Opsi Menarik untuk Investasi Kamu Nih