Jangan Menyerah! Begini Tips Manfaatkan Peluang Pasar di Masa Pandemi

Strategy - Canva

Strategy - Canva

Sudah bukan rahasia lagi deh, kalau pandemi Covid-19 ini memang nyusahin banyak orang. Belum lagi, banyak sektor yang harus putar otak untuk tetap bertahan di tengah pandemi.

Namun, ternyata selalu ada hikmah nih di balik musibah. Soalnya, ternyata, pandemi ini malah menciptakan peluang bagi perusahaan untuk turun tangan dan menangani kebutuhan baru di kalangan konsumen.

Waw!

Nah, dilansir dari laman Bisnis, ini sejumlah peluang pasar selama pandemi yang perlu juga kamu perhatikan sebagai pengusaha muda.

Baca Juga: Lakukan 5 Strategi Digital Ini Biar Bisnis Kamu Stabil
 

Adaptasi Kerja Remote

Pandemi bikin hampir semua sektor menerapkan work from home (WFH). Nah, hal ini juga yang perlu dimanfaatkan sama pengusaha.

Misalnya, untuk meningkatkan awareness dan engagement konsumen, kamu bisa mengadakan seminar atau workshop, bahkan tutorial secara online. Salah satu yang memanfaatkan peluang ini yaitu ClassPass, dimana ia telah sukses menghubungkan instruktur kebugaran jarak jauh dengan orang-orang yang ingin berolahraga.
 

Bisa Fokus ke Kebutuhan Kesehatan

Kesehatan tentu jadi salah satu fokus utama yang diperhatikan saat pandemi. Semua orang ingin menjaga imunitasnya.

Hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk jadi ladang cuan. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan peluang dari minuman herbal atau makanan sehat.
 

Pertimbangkan Dampak Kelanjutan Bisnis Kamu

Meski banyak ide bisnis bermunculan saat pandemi, kamu juga perlu untuk memikirkan kelanjutan dari bisnis kamu nantinya. Soalnya, bisa saja pandemi ini akan berakhir dalam waktu dekat ya kan?

Otomatis, kamu pun bakal menyesuaikan lagi peluang yang ada jika pandemi ini bakal berakhir. Untuk itu, siapkan strategi bisnis untuk kelanjutannya ya!
 

Manfaatkan Lonjakan Metode Bisnis Direct-to-Consumer (D2C)

Pandemi ini bikin kebiasaan orang-orang untuk belanja online semakin meningkat. hal itu dilakukan untuk menghindari risiko paparan virus di tempat umum.

Selain itu, ternyata konsumen juga banyak menyadari kalau kenyamanan yang ditawarkan dari belanja ritel secara online ternyata menyenangkan. Makanya, bisnis dengan metode D2C diyakini bakal bertahan untuk jangka waktu yang lama lho!

jadi, mana yang paling cocok diterapkan ke usaha kamu, Be-emers?

Baca Juga: Begini Strategi untuk Perluas Pasar Bisnismu