Jaga Kesehatan Mental, Bercocok Tanam Bisa Jadi Pilihan Nih

Farm - Canva

Farm - Canva

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga enggak boleh kamu sepelekan nih, Be-emers. Kalau kamu membiarkannya berlarut-larut, kamu akan lebih sulit untuk memulihkannya kembali.

Dilansir dari laman Bisnis, bercocok tanam di rumah bisa jadi salah satu cara untuk bantu kamu menekan stres dan menjaga kesehatan mental di tengah pandemi lho!

Menurut Psikolog Lusiana Bintang Siregar, stres merupakan reaksi tubuh saat menghadapi tekanan, ancaman, maupun perubahan hidup.

Stres juga bisa terjadi saat kita menuntut diri terlalu ideal sementara kita tidak sabar melalui proses.

Baca JugaYuk, Coba Berbisnis di Rumah Aja lewat Bercocok Tanam Hidroponik

Nah, ketika kamu mengalami stres berlebih, hingga enggak bisa dikendalikan, hal itu bisa menimbulkan gangguan kesehatan mental. Duh, bahaya banget kan?

Sementara itu, dengan bercocok tanam, menurut Lusiana, bisa memberikan efek emosi bahagia. Soalnya, ketika kamu stres, kamu akan jadi lebih sensitif dan gampang marah.

Saat kamu bercocok tanam, kamu akan melihat pertumbuhan tanaman dari hari ke hari atas usaha sendiri. Nah, hal itu bisa memberikan perasaan bahagia, disamping perasaan negatif yang sudah ada akibat stres.

hal itu juga yang dilakukan sama Co-Founder Kebun Kumara, Siti Soraya Cassandra. Dengan mendirikan Kebun Kumara, ia mempelajari relasi positif dari bertani atau berkebun bagi kesehatan mental dan kebahagiaan manusia.

Selain itu, semangat urban farming dia tularkan tak hanya dengan menanam tetapi juga membuka workshop terbuka umum. Bahkan, kini Kebun Kumara juga membuat kurikulum bagi peserta workshop dari lembaga pendidikan.

Adapun, ia juga ingin membuat stigma kalau petani itu juga bisa keren kok. Selain itu, berkebun atau bertani juga bisa membuat kamu jadi lebih bahagia.

Baca JugaBerkebun di Tengah Kota? Kenalan Dulu sama Urban Farming