Menjalani Bisnis Kecil-Kecilan, Begini Cara Atur Keuangannya

Finance - Canva

Finance - Canva

Like

Enggak ada salahnya kok memulai bisnis kecil-kecilan dulu. Siapa tahu, nanti bisnis kamu jadi makin berkembang.

Meski masih skala kecil, tapi menjalani bisnis ini enggak bisa disepelekan. Soalnya, sulit dipastikan juga gimana kondisi bisnis kamu kedepannya, kalau kamu enggak merencanakan segala sesuatunya dengan matang.

Bukan cuma strategi usaha atau pemasaran, kamu juga perlu untuk memperhatikan manajemen keuangan bisnis kecil-kecilan kamu lho!

Dikutip dari Bisnis, kamu bisa coba 4 tips pengelolaan keuangan untuk menjalani bisnis kecil-kecilan berikut ini.

Baca Juga: Punya Bisnis Kecil-Kecilan? Begini Tips Pemasarannya
 

Bikin Anggaran

Enggak cuma bisnis kecil, sebenarnya anggaran yang terperinci itu dibutuhkan dan penting banget untuk bisnis apapun. Kalau punya anggaran yang rapi dan baik, kamu bisa memastikan kalau kamu enggak mengalami masalah arus kas di masa depan, maupun tenggelam dalam lubang hutang dan risiko gulung tikar.


Enggak cuma itu, anggaran bisa memungkinkan kamu melacak kemajuan bisnis dengan lebih baik dari bulan ke bulan lho!

Sementara itu, kalau anggaran kamu melebihi batas, kamu perlu menentukan pos-pos yang bisa dikurangi. Opsi lainnya, kamu bisa menemukan pos kebutuhan yang terbaik untuk menghabiskannya.
 

Manfaatkan Teknologi

Hidup di era digital, tentunya belum lengkap kalau kamu enggak manfaatkan teknologi. Soalnya, teknologi memang bisa memudahkan proses serta menghemat waktu dan uang.

Daripada kamu harus terikat sama hal-hal seperti akuntansi dan prosedur SDM, lebih baik kamu membiarkan teknologi melakukan pekerjaan itu. Jadi, kamu pun bisa fokus sama hal-hal lainnya terkait bisnis.
 

Jangan Kelebihan Karyawan

Inget, bisnis kamu masih dalam skala kecil. Mempekerjakan terlalu banyak orang bisa jadi kesalahan fatal untuk bisnis kecil kamu nih.

Semakin banyak karyawan, sudah jelas kamu harus memperhitungkan pengeluaran untuk membayar gaji dan fasilitas karyawan. Makanya, kamu harus merekrut sesuai dengan tuntutan beban kerja bisnis kamu daripada jumlah modal yang dimiliki atau jumlah keuntungan yang bakal dihasilkan.
 

Minta Bantuan

Enggak ada salahnya kok untuk kamu meminta bantuan pihak lain dalam menjalani bisnis. Multitasking itu enggak selalu baik lho.

Banyak yang mencoba melakukan semuanya sekaligus, tapi malah sering gagal. Alhasil, hal itu justru membuang-buang waktu dan uang yang berharga dalam prosesnya.

Begitu juga dalam hal keuangan. Kamu bisa kok meminta bantuan dari pihak lain, kayak jasa finansial atau akuntan. Meskipun kamu harus mengeluarkan biaya, namun waktu dna tenaga kamu jadi lebih efisien.

Baca Juga: Biar Enggak Repot, Yuk Kenali Manfaat Jasa Akuntan untuk Bisnis Kamu