Waduh! Zomato Tutup Operasionalnya di Indonesia, Ini Penyebab dan Nasib Para User

Culinary Illustration - Canva

Culinary Illustration - Canva

Like

Buat kamu yang hobi kuliner atau sering banget butuh referensi makanan enak di suatu tempat, kamu pasti akrab banget sama Zomato dong?

Sayangnya, platform pencarian restoran dan informasi kuliner ini terpaksa harus menutup operasionalnya di Indonesia nih, Be-emers. Enggak cuma itu, penutupan tersebut juga berlaku pada layanan Zomato Pro dan Zomato Gold di Indonesia.

Meski belum secara resmi memberikan alasan penutupannya di Indonesia, namun dilansir dari laman Bisnis, hal itu disebabkan juga oleh keadaan pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Waduh, terus gimana nasib para user platform asal India ini ya?

Tenang, melalui akun Twitternya (@zomatoID), perusahaan rintisan yang dulu bernama Foodiebay.com ini menyatakan kalau penggunanya tetap bisa mendapatkan kembali dana member sesuai yang tertera di email atau aplikasi kok.


Pengembalian dana tersebut akan dilakukan melalui akun kredit yang digunakan untuk membeli member Gold atau Pro.

Sedangkan untuk pembayaran melalui virtual account, kamu juga bisa kok mendapatkan dana pengembalian ini. Caranya, kamu bakal menerima email lanjutan untuk mengisi data diri dan nomor rekening untuk pengembalian dana.

Kalau kamu masih bingung, kamu bisa mengetahui info lebih lanjut soal proses pengembalian dana ini melalui fitur Pro Help pada aplikasi Zomato. Gampang kok, kamu bisa langsung menekan Profile Pro pada fitur tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menghubungi pihak Zomato melalui e-mail resmi mereka di [email protected].

Adapun, meski sudah tutup di Indonesia, para user masih bisa mengakses fitur pencarian restoran di aplikasi atau website Zomato lho! Selain itu, kamu juga masih bisa kok untuk me-review dan upload foto kuliner rekomendasi kamu di Zomato.

Buat kamu yang belum tahu, penutupan operasional Zomato ini enggak cuma terjadi di Indonesia nih. Sebelumnya, pada 17 Oktober 2020 lalu, Zomato sudah lebih dulu menutup operasional di Filipina.

Baca Juga: Tren UMKM Kuliner Go-Digital, Ini Protokol yang Dilakukan GoFood