Pengertian dan Tujuan Lean Startup

Pengertian Tujuan Dari Lean Startup (Sumber: Picabay

Pengertian Tujuan Dari Lean Startup (Sumber: Picabay

Like

Lean startup terdengar seperti kosakata startup yang jarang sekali digunakan.Tidak banyak orang yang tahu tentang fungsi dan tujuan utama dari lean startup.

Saat ini, bagi kalangan digital di Indonesia kata startup berarti suatu bisnis yang baru saja berdiri dan berkembang dengan didukung oleh layanan digital. Bisnis ini juga butuh banyak pendanaan untuk beroperasi dengan kelompok kerja yang minimalis. 

Pitch deck adalah hal yang perlu juga kamu pelajari jika ingin membangun startup. Mulai dari teknik menyusun proposal hingga presentasi di depan investor. 

Apa Itu Lean Startup?


Mengenal Lebih Jauh Lean Startup

Saat mendengar kata “Lean”, kebanyakan orang pasti berpikir jenis startup tersebut menghabiskan uang sesedikit mungkin atau berjalan pada anggaran yang ketat. Sayangnya anggapan tersebut kurang tepat. 

Feedback pelanggan digunakan untuk menggerakkan setiap iterasi yang memungkinkan untuk evolusi lebih cepat daripada proses tradisional. Lean startup adalah suatu metode dan konsep yang bisa disebut dengan  metodologi lean startup, metodologi ini adalah proses dari startup itu sendiri.

Dimana proses ini dilakukan dengan cepat untuk membangun prototype agar dapat menguji asumsi user atau pelanggan dengan pelayanan yang nyata. Dengan demikian, penggunaan startup diharapkan untuk memudahkan setiap pengguna dengan layanan yang lebih tertata apik. 


Baca juga: Bagaimana Cara Pinjam Uang di Bank Untuk Modal Usaha


Pengertian Dan Tahapan Metode Startup

Pada dasarnya metode dan tujuan utama dari lean startup adalah sebuah metode yang berfokus pada cepatnya penciptaan prototype dengan tujuan pengujian asumsi. Feedback pelanggan digunakan untuk menggerakkan setiap iterasi yang memungkinkan untuk evolusi lebih cepat daripada proses tradisional.

Tahapan pertama dalam metode startup ialah market validation. Tahapan ini bertujuan untuk memastikan bahwa asumsi problem yang kita definisikan memang benar-benar ada, terjadi pada banyak orang, merupakan problem yang penting dan seterusnya.

Metode kedua bernama product validation. Tahapan ini bertujuan untuk memastikan bahwa konsep solusi/prototype solusi yang dibangun adalah yang paling efektif yang dapat menjawab problem valid pada tahap kesatu.

Untuk metode yang terakhir diberi nama business validation. Tahapan ini berfungi untuk memastikan proses penyelesaian masalah dengan solusi tersebut memang memiliki nilai bisnis, bisa juga mencarikan model bisnis yang paling pas untuk skema problem-solusi yang sudah valid pada tahap 1 dan 2 tersebut.


Alur Proses Lean Startup

Di dalam lean startup terdapat sebuah rumusan yang menggambarkan detail alur dari tujuan utama dari lean startup itu sendiri disebut dengan Validate Learning. Konsep tersebut memiliki tiga hal tahapan yakni build, learn, measure. Ketiga konsep tersebut bergabung di dalam suatu life cycle yaitu lean

Build atau dibangun kemudian akan diberikan kepada pelanggan dan diukur dengan tingkat kebutuhan dan kepuasan pelanggan, hasil dari ukuran tersebut akan dijadikan sebuah data yang akan dipelajari dan akan menghasilkan ide berikutnya untuk di masukan ke dalam sebuah sistem cycle.


Tujuan Adanya Lean Startup

Bagi sebuah perusahaan, startup bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan perusahaan agar tetap konsisten. Tujuan utama dari startup harus menyelesaikan masalah, oleh karena itu startup biasanya dimulai dengan masalah yang membutuhkan solusi. 

Misalnya, kesulitan menemukan ojek saat jalanan sedang macet, pangkalan ojek yang berlokasi jauh dan waktu tukang ojek yang terbuang sia-sia hanya di pangkalan sedangkan banyak orang membutuhkan. Maka, dibuatlah startup untuk menghubungkan aplikasi ojek yang dapat memudahkan masyarakat dengan mengetahui tujuan utama dari lean startup.

Pada dasarnya, lean startup merupakan salah satu cara untuk mengatur sebuah keseimbangan antara ide dan kepuasan pelanggan. Tingkat kepuasan pelanggan sangat mempengaruhi perkembangan suatu perusahaan. Setelah memahami startup kamu bisa lebih kreatif dalam mengembangkan bisnis.

Baca juga: Peluang Bisnis Frozen Food, Yuk Simak Selengkapnya!