Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube? Bingung Mau Mulai Darimana?

Cara mendapatkan uang dari Youtuber (Sumber: Pixabay.com)

Cara mendapatkan uang dari Youtuber (Sumber: Pixabay.com)


Youtube merupakan salah satu platform digital yang sangat diminati banyak pengguna internet hampir di seluruh dunia. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk menonton, mengunggah, dan berbagi video ke sesama. 

Content creator saat membuat konten harus memperhatikan niche dan pasar kamu. Milikilah konsistensi dalam menjalankan tugas Anda.

Selain itu, platform yang dimiliki Google ini menjadi tren karena menjanjikan peluang usaha. Banyak konten kreator yang memiliki pendapatan yang fantastis dari platform tersebut.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube? Daripada penasaran, simak ulasan berikut. 


Langkah Mendapatkan Penghasilan dari Youtube

1. Membuat Saluran Youtube 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube adalah membuat akunnya terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk menentukan konten apa yang harus kamu fokuskan di channel yang dimiliki. 

Sebaiknya kamu membuat konsep channel yang menarik dan tidak membosankan. Kamu bisa memfokuskan satu konsep atau maksimal tiga jenis konten. Sebab, ciri khas tersebut  akan menambah jumlah penonton saluran Youtube yang kamu miliki. 



2. Monetisasi Akun Youtube 

Agar dapat mendapatkan uang dari platform ini, kamu perlu melakukan monetisasi akun. Caranya cukup mudah, hanya dengan masuk ke informasi akun. Kemudian klik Creator Studio pada menu bar di sebelah kiri. 

Setelah itu klik channel status dan pilih Enable Monetization untuk menyetujui monetisasi yang ada. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu pemberitahuan yang akan dikirim pihak Youtube untuk mendapatkan penghasilan. 

Namun sebelum disetujui, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Cara mendapatkan uang dari Youtube ini meliputi jumlah viewers dan subscribers. Mulai awal tahun 2018 lalu, pihak Youtube telah mengeluarkan aturan terbarunya. 

Jika syarat sebelumnya para Youtuber hanya diberlakukan syarat 10 ribu penayangan, maka tanggal 9 Januari 2018 aturan tersebut berubah. Agar dapat memenuhi persyaratan monetisasi, channel Youtube harus memiliki 1000 subscriber dan sudah mengumpulkan setidaknya 4000 jam waktu tontonan dalam kurun waktu 12 bulan terakhir. 

Jika sudah memenuhi persyaratan, maka pihak Youtube akan melakukan verifikasi dengan meninjau keaslian setiap konten video dalam saluran tersebut. Sehingga akun yang kamu kelola memiliki kesempatan untuk menghasilkan pendapatan. 

Baca Juga: Algoritma Youtube 2020 Berubah? Yuk, Simak Ulasannya! 


3.  Menyambungkan dengan Adsense

Selain penghasilan dari jumlah penonton yang dimiliki, kamu juga bisa mendapatkan uang tambahan dari iklan. Caranya dengan melakukan kerja sama dan disambungkan dengan Adsense account ke saluran Youtube yang dimiliki. 

Grafik penghasilan kamu nantinya dapat tersedia pada fitur Youtube Analytic. Akun yang kamu miliki dapat berbayar setelah melengkapi persyaratan dan mengikuti payment threshold. AdSense disini menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari Youtube.

Yang dimaksudkan AdSense, adalah iklan yang akan muncul pada video yang diunggah setelah monetisasi diaktifkan. Melalui iklan tersebutlah kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup banyak. 


4. Kerjasama Endorse 

Selain mendapatkan uang tambahan dari Google Adsense, kamu juga bisa menambah penghasilan dengan bekerja sama pihak brand ternama. Istilah yang sering digunakan untuk kerjasama ini adalah endorse. 

Melalui video yang diunggah, kamu bisa melakukan soft promotion dengan mencantumkan link produk dalam kolom deskripsi saluran Youtube. Misalnya, kamu bisa membuat konten ulasan tentang barang tertentu yang sesuai dengan konsep channel Youtube yang dimiliki.

Jika diamati, saluran Youtube yang terkenal juga mendapatkan penghasilan dari sponsorship dan advertisement. Kedua cara mendapatkan uang dari Youtube tersebut, memiliki peran penting untuk konten kreator yang menggantungkan hidupnya melalui platform ini. 

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube. Yang harus kamu lakukan pertama adalah membuat saluran Youtube terlebih dahulu. Jika sudah memenuhi persyaratan, kamu bisa melakukan monetisasi akun dan mendapatkan penghasilan tambahan dari AdSense. 

Baca juga: Bukan Endorse, Begini Cara Artis Adrian Maulana Berinvestasi