Belajar Fungsi Fitur Instagram Bisnis Untuk Membangun Toko Online

Fitur Instagram Bisnis (Format: Pixabay.com)

Fitur Instagram Bisnis (Format: Pixabay.com)

Like

Masyarakat milenial memang tidak bisa lepas dari Instagram, karena banyak hal yang dapat kamu peroleh dari apps ini. Salah satunya adalah membangun branding dari diri sendiri hingga membangun bisnis. 

Melalui sosial media, kamu dapat terhubung dengan banyak orang dengan sangat cepat. Nah, menyesuaikan dengan perkembangan saat ini beberapa waktu lalu Instagram mengeluarkan fitur bisnis.

Akhirnya, untuk membantu mengembangkan bisnis, Instagram meluncurkan fitur Instagram bisnis untuk toko online.
Keuntungan yang diperoleh cukup banyak, sehingga penggunanya pun cukup meningkat. Yuk intip ini dia manfaat atau keuntungan dari fitur bisnis yang di Instagram untuk Usahamu.


Adanya Kategori Bisnis

Fitur satu ini ditawarkan kepada para pengguna Instagram, sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. Para pemilik toko online dapat memakai fitur ini untuk mengklasifikasikan bisnis yang dimiliki sehingga tampak professional.

Fitur Instagram bisnis ini memberikan kamu kemudahan untuk memilih kategori yang akan muncul di bawah nama profil. Pilihan yang tersedia, seperti buku, merek, olahraga, music, profesi, situs atau blog, dan lain lain.


Fitur Kontak dan Alamat

Ciri khas yang membedakan akun pribadi dengan bisnis ialah adanya fitur kontak dan alamat di bawah nama profil. Keuntungan ini memberikan kemudahan bagi para pengikut akun untuk cari informasi lebih detail tentang bisnis kamu.


Tidak hanya itu, terdapat pula alamat email dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Hal ini memudahkan para pengikut untuk melakukan transaksi dengan sekali tekan di profil Instagram kamu.


Promosi Lebih Mudah

Salah satu cara agar penjualan produk meningkat ialah melakukan promosi agar bisnis kamu semakin dikenal banyak orang. Promosi secara online dinilai lebih efektif pada Instagram, karena pengguna platform ini yang cukup tinggi.

Sehingga, saat reach tinggi sudah pasti potensi usahamu untuk laku juga semakin tinggi. Pilihlah kiriman yang menarik dan atur audience yang diinginkan agar mencapai target pembeli.

Setelah itu, postingan kamu dapat dilihat oleh banyak orang bahkan oleh orang yang tidak mengikuti akun bisnis kamu. Tentu menggunakan fitur ini, kamu wajib mengeluarkan biaya. Namun, biaya tersebut tentunya dapat diartikan sebagai peluang untukmu. Maka itu, pastikan kamu mengatur target marketmu dengan baik. 


Gunakan Insight atau Wawasan

Beralih dari akun pribadi ke bisnis bisa mendatangkan berbagai keuntungan untuk kamu. Ada fitur wawasan atau insight dari fitur Instagram bisnis yang memuat beragam informasi penting untuk acuan strategi marketing.

Mulai dari statistik jumlah pengikut, kiriman, jangkauan profil, dan lain lain dapat dilihat oleh pemilik akun. Akan tetapi, informasi insight ini dapat dihilang bila kamu beralih dari akun bisnis ke akun pribadi.

Tolak ukur yang baik untuk melihat seberapa reach kamu adalah dengan melihat berapa persen akun dijangkau yang tidak mengikuti akunmu. Nah, ini bisa saja pengaruh dari iklan, atau kontennmu yang cukup menarik sehingga mendapat share, dan bisa jadi karena penggunaan tagar.


Jangkauan yang Luas

Profil akun bisnis ini tampak lebih profesional, sehingga lebih terpercaya di mata orang lain. Tujuan dari akun ini pun sudah jelas, sehingga para pengikutmu tidak perlu bertanya tanya atau bingung dengan kategori akun tersebut.

Menariknya, fitur bisnis ini membuat akun kamu menjangkau pengguna Instagram lebih luas. Implikasi dari keuntungan ini dapat membuat kamu memiliki pengikut dan pembeli yang terus meningkat daripada sebelumnya.


Analisis Target Pasar

Berbekal informasi dari fitur wawasan dan statistik jam optimal, kamu dapat menentukan waktu terbaik untuk mengunggah kiriman. Hal ini dapat menarik respon yang lebih banyak dari para pengikut akun bisnismu.

Selain itu, analisis target pasar juga diperoleh dari fitur Instagram bisnis ini. Kamu dapat mengetahui data pengikut secara tepat sebagai acuan untuk memaksimalkan manajemen konten akun bisnis kamu. 

Nah, gimana beberapa pemaparan singkat di atas? Untuk lebih detailnya, kita akan ulas di lain waktu bagaimana cara memahami algoritma Instagram. Nah, kalau kamu seorang content creator yang iseng mampir untuk baca artikel tentang algoritma Youtube. Jangan lupa, simak juga berbagai informasi tentang Startup, Peluang Bisnis dan Saham di Bisnis Muda.