Milenial Jadi Pasar Terbesar, Pemerintah Siapkan Skema Subsidi Pembangunan Perumahan

Houses - Canva

Houses - Canva


Meski milenial identik dengan gaya hidup yang boros, tapi hal itu ternyata enggak 100 persen benar kok, Be-emers.

Masih banyak juga milenial yang sudah mulai sadar akan pentingnya mengatur keuangan hingga berinvestasi. Salah satunya, yakni dengan berinvestasi properti.

Memang sih, investasi properti itu bukan hal yang murah. Namun, milenial ternyata merupakan pasar sektor properti terbesar lho, Be-emers!

Menurut Corporate Secretary PT Intiland Development Tbk. Theresia Rustandi, dikutip dari Bisnis, para milenial ini berpotensi sebagai investor di tahun 2030, karena jumlah demografinya yang besar.

Makanya, enggak heran deh, berbagai promo pun akhirnya dilakukan oleh para pengembang maupun pemerintah. Nah, kabarnya, pemerintah memang lagi menyiapkan sejumlah skema subsidi di sektor perumahan nih, Be-emers.


Hal itu sempat disampaikan sama Wakil Presiden Ma’ruf Amin lho. Dirinya menyebutkan kalau skema subsidi yang tengah disiapkan tersebut antara lain:
  • Kemungkinan penggunaan sisa anggaran skema SSB dan SBUM Tahun Anggaran 2020, Penggunaan tanah-tanah negara untuk pembangunan perumahan,
  • Pemanfaatan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dan integrasinya dengan skema-skema pembiayaan perumahan lainnya, serta
  • Reformasi Perumahan Nasional (Perumnas).

Baca Juga: Ini Aplikasi dan Jenis-jenis KPR yang Cocok untuk Milenial
 

Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

Meski penghasilan kamu belum mencapai dua digit, jangan mengeluh ya. Soalnya, masih ada kemungkinan kok untuk kamu bisa punya hunian impian.

Soalnya, pemerintah juga punya skema subsidi Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), hingga rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang bisa kamu pilih.

Selain itu, ada juga nih alokasi belanja Kementerian/Lembaga, yaitu di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, terutama untuk membangun fasilitas umum dan fasilitas sosial. Sehingga,  harga rumah yang dibayar oleh MBR enggak meningkat untuk membiayai fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Baca Juga: Tertarik Beli Rumah KPR Subsidi? Bank Ini Tawarkan Bunga Tetap 10 Persen untuk 3 Tahun