Enggak Cuma Tren & Bermanfaat, Ini Peluang Cuan dari Bercocok Tanam

Plants - Canva

Plants - Canva

Like

Dari berbagai macam hobi, bercocok tanam bisa jadi alternatif kegiatan yang asyik buat kamu coba lho, Be-emers!

Bahkan, di tengah pandemi Covid-19, kegiatan bercocok tanam jadi tren nih. Kamu salah satu yang ikutan bercocok tanam enggak nih, Be-emers?

Kegiatan bercocok tanam ini juga dinilai bisa bermanfaat buat kesehatan mental kamu lho. Hal itu bahkan bisa mengurangi rasa stres yang dialami selama pandemi.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental, Bercocok Tanam Bisa Jadi Pilihan Nih

Lebih dari itu, ternyata bercocok tanam juga bisa menghasilkan cuan! Bahkan menurut Co-Founder sekaligus Chief Operation Officer PakTaniDigital Yosephine Sembiring, dikutip dari Bisnis,  kalau benar-benar ditekuni, aktivitas tersebut bisa dijadikan sumber pendapatan baru.
 

Metode Hidroponik

Yosephine pun memilih metode hidroponik vertikal untuk bercocok tanam. Soalnya, metode tersebut cocok banget buat diterapkan di lahan yang terbatas dan biaya perawatannya pun enggak mahal.


Menurutnya, biaya perawatannya terbilang rendah karena bisa menggunakan bahan-bahan sisa yang ada di rumahnya.

Metode tanam ini memang cenderung lebih cuan karena menggunakan metode tersebut membutuhkan air 90 persen lebih sedikit dibandingkan dengan metode konvensional menggunakan tanah. Selain itu, masa tanamnya juga enggak tergantung oleh musim seperti pada metode konvensional.

Dari kegiatannya itu, dia berhasil menanam 10 jenis tanaman di lahan seluas 3x3 meter yang panen setiap tiga bulan sekali! Nah, selain buat konsumsi sendiri, hasil panen dari kebun mininya itu juga dijual ke lingkungan sekitar.

Siapa sangka, ia mendapat respon yang cukup positif nih. Hal itu disebabkan sayur dan buah yang dijual Yosephine kualitasnya jauh lebih baik karena enggak mengandung bahan kimia (organik).

Bahkan, harganya juga mampu bersaing. Dirinya pun bisa menjual hasil panennya langsung ke konsumen tanpa perantara.

Baca Juga: Yuk, Coba Berbisnis di Rumah Aja lewat Bercocok Tanam Hidroponik
 

Jangan Cuma Andalkan Hasil Panen

Menurut Owner Kebun Sayurku Hidroponik Indra Karyanto, terjun ke bisnis pertanian tak semudah membalikkan telapak tangan. Dengan banyaknya pesaing, sebaiknya, kamu jangan cuma mengandalkan hasil panen untuk mendapatkan cuan.

Indra menilai, kamu bisa membuat produk turunannya. Salah satunya, yakni jus sayuran. Bahkan, dengan produk olahan sayurnya itu, ia mampu memproduksi hingga 10-20 botol jus sayur dalam sehari!

Adapun, kamu juga bisa kok membuat produk olahan sayuran lainnya dari hasil panen kebun kamu sendiri. Misalnya, kamu bisa membuat salad, hingga menu makanan sehat lainnya.

Baca Juga: Tumbuh Subur di Indonesia, Yuk Cari Peluang dari Akar Wangi