Tanpa Iklan & Influencer, Begini Cara Pemasaran Instagram Secara Organik

Instagram - Canva

Instagram - Canva

Hayooo.. siapa yang tiap hari kerjaannya buka Instagram?

Media sosial memang sudah jadi bagian dari rutinitas kita nih, Be-emers. Salah satu media sosial favorit saat ini, apalagi kalau bukan Instagram.

Bahkan, kini Instagram enggak cuma jadi wadah berjejaring doang lho. Kamu pun bisa meraup cuan dari platform milik Facebook ini.

Soalnya, Instagram diketahui punya banyak fitur menarik yang bisa kamu optimalkan dan manfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Salah satunya dengan menggunakan fitur Instagram for Business.

Di satu sisi, performa Instagram kamu mungkin bisa ditingkatkan dengan berbagai hal seperti memasang iklan, hingga beli followers dan membayar jasa influencer. Waduh! Namun, hal-hal itu tentunya membuat kamu harus mengeluarkan modal.

Meski begitu, sebenarnya kamu tetap bisa kok mendapatkan engagement yang menarik di Instagram tanpa iklan dan influencer alias secara organik.

Dikutip dari Bisnis, kalau kamu bisa komitmen untuk kreatif dari segi pemasaran, kamu bisa menerapkan 3 hal ini di konten Instagram kamu lho!

Baca Juga: Strategi Giveaway Instagram untuk Naikin Followers, Apakah Customernya Ideal?

Konten dengan Story
Sadar atau enggak, sebuah cerita punya daya tarik yang kuat lho. Jika ditulis dengan baik, jenis konten ini bisa menarik pengunjung ke produk atau layanan kamu.

Hal ini bakal melibatkan emosi mereka, dan membuat mereka melakukan apa yang kamu inginkan, tentunya tanpa menjadi spam.

Selain itu, sebenarnya banyak orang yang suka dengan konsep video. Nah, selama ada motif di balik konten dan itu kreatif, itu akan menarik kok.


Instagram Live untuk Jangkauan
Instagram Live bisa dilakukan spontan dan juga terencana lho. Idealnya, kamu memanfaatkan kedua pendekatan tersebut, tetapi jika kamu terintimidasi oleh prospek untuk tampil di depan kamera, perencanaan ke depan sangat ideal.

Kamu bisa memanfaatkan IG Lives untuk menjadi ujung tombak yang memicu percakapan dengan topik yang direncanakan dan hal itu pun akan menginspirasi audiens kamu sekaligus membangun otoritas.


Hashtag Khusus
Kalau kamu menjalankan bisnis di Instagram dan mengharuskan audiens kamu untuk berubah menjadi pelanggan, membeli followers bukanlah jawabannya.

Followers palsu itu hanya akan memberikan efek placebo, dan daya tarik palsu akan hilang dalam hitungan detik ketika kamu enggak melihat komentar pada konten yang kamu posting.

Sebaliknya, coba fokuslah pada hashtag yang ditargetkan, baik dalam postingan kamu maupun dalam interaksi kamu, dan kamu akan mulai melihat hasilnya. Salah satu caranya, kamu bisa memanfaatkan hashtag yang jadi indikator lokasi kamu.

Mungkin kedengarannya sepele, tapi banyak kok bisnis yang sudah menggunakan hashtag generik dan berhasil menarik pelanggan ideal mereka.

Baca Juga: Instagram Bisnis: Kelebihan & Kekurangannya untuk Bisnis