Apa yang Dimaksud Tagline dan Bagaimana Membuatnya Menarik?

Apa Itu Tagline (Sumber: Pixabay.com)

Apa Itu Tagline (Sumber: Pixabay.com)


Bagi kamu yang baru saja meluncurkan sebuah brand, tentunya kamu akan disibukkan oleh banyak hal. Tidak hanya berhubungan dengan produk saja, namun terdapat beberapa aspek lain yang berhubungan dengan kreatif brand, seperti tagline. 

Dilansir dari fullstopindonesia.com mengatakan bahwa tagline juga dapat membantu brand menargetkan pasar yang kita inginkan. Kalimat singkat yang mendeskripsikan jelas apa produk yang ditawarkan tersebut memiliki peranan yang cukup penting bagi kesuksesan sebuah brand. Lantas, apa yang dimaksud tagline? Daripada penasaran, yuk simak ulasan detailnya seperti berikut. 


Mengenal Apa itu Tagline 

Dalam kamus bahasa Indonesia, sebenarnya kata tagline tidak dikenali. Namun, istilah tersebut diidentikkan dengan slogan yang mengandung kata unik untuk memberikan gambaran terhadap suatu hal, misalnya barang atau jasa. 

Sedangkan jika menggunakan referensi dari kamus besar bahasa Inggris, tagline dikenal sebagai susunan kalimat menarik yang pendek untuk digunakan menegosiasikan suatu brand atau merek kepada calon konsumen. 

Maka dari itu, tagline dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan kata atau frasa menarik yang digunakan untuk menjelaskan sebuah brand agar menarik minat para calon konsumen. Dengan begitu, brand yang kamu buat akan lebih mudah dikenal banyak orang.
 
Baca juga: Ini Ide Bisnis 2020 Hingga 2021 yang Sederhana, Yuk Simak!



Jenis Tagline Beserta Contohnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, apa yang dimaksud tagline ini hampir mirip dengan jargon atau slogan yang biasa digunakan banyak orang. Namun, ada sedikit perbedaan karena terdapat lima jenis tagline yang bisa dilihat berdasarkan sifatnya. 

Tagline pertama dikenal sebagai imperative yang berisi perintah atau menggambarkan suatu aksi dan biasanya diawali dengan kata kerja. Kamu bisa melihat contoh dari tagline ini di salah satu badan keuangan ternama yang ada di Indonesia. 

Jenis selanjutnya yaitu tagline provocative yang berisi sebuah ajakan untuk memancing sebuah logika audiens. Pembuatan tagline jenis ini bisa dibilang sangat kreatif. Karena frasa yang digunakan biasa menjadi sebuah kata yang melekat di benak masyarakat. 

Selain itu ada juga tagline descriptive yang menerangkan secara jelas gambaran produknya. Penyusunan kalimat bisa menggunakan bahasa yang sederhana, tetapi tepat sasaran. Sehingga, calon konsumen yang melihat produk ini akan lebih tertarik untuk membelinya.

Sedangkan pada jenis tagline selanjutnya dikenal dengan sebutan superlatif. Apa yang dimaksud tagline jenis superlative? Yaitu merupakan slogan yang memperlihatkan bahwa brand tersebut yang paling unggul, terdepan, dan bagus daripada brand lainnya. 

Tidak berhenti sampai di situ saja, ada juga jenis tagline yang bernama superlative. Pada jenis ini brand akan diposisikan sebagai merek yang terbaik dengan secara spesifik di bidang yang digeluti. Misalnya saja produk minuman yang diusung oleh salah satu brand ternama di Indonesia.
 
Perusahaan tersebut berhasil membuat tagline yang sampai sekarang melekat di hati masyarakat. Pasalnya, dalam tagline ini, mereka mencoba untuk mengubah kebiasaan seseorang yang biasanya setelah minum air putih, tetapi menganjurkan untuk mengonsumsi produknya. 


Tips Membuat Tagline yang Menarik 

Setelah memahami pengertian dan jenis tagline, kamu bisa memulai untuk membuatnya dengan mudah. Dalam membuat slogan yang selalu diingat dan menarik, kamu dituntut untuk kreatif dan berpikir out of the box. Sehingga brand yang kamu bangun lebih mudah dikenal konsumen.  

Marketing dan branding memang membutuhkan tagline yang menarik. Brand yang memiliki tagline menarik dapat membuat masyarakat mengingat brandmu. Selain mengandalkan keunggulan dan kualitas produk, kamu bisa memanfaatkan tagline sebagai pembeda dari produk lainnya. Apa yang dimaksud tagline menarik? Kamu bisa membuat kalimat tersebut dengan menggunakan kalimat sederhana dan tidak lebih dari 8 kata. 

Agar sebuah brand lebih dikenal masyarakat, maka tagline dibutuhkan sebagai penanda dan pembeda dari produk lainnya. Sehingga, kamu bisa menarik calon konsumen untuk membeli produk yang kamu tawarkan. 

Baca juga:  Anti Ribet, Yuk Simak Cara Membuat Website Gratis dan Mudah Untuk Pemula