Fungsi DNS dan Pengertiannya

Fungsi DNS adalah (Sumber: Pixabay.com)

Fungsi DNS adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Zaman yang serba canggih saat ini memudahkan masyarakat untuk mencari informasi melalui internet. Koneksi internet mampu menghubungkan setiap pengguna dengan web dengan bantuan DNS dan nama domain. 

Pengembangan ide dan peluang usaha untuk bisnis kamu kedepannya memang bisa dimaksimalkan dengan kehadiran website. Untuk itu, website harus menjadi platform yang mampu hadir dalam setiap customer journey target audiensmu, khususnya dalam internet.

Dilansir dari liputan6.com menagatkan bahwa DNS memiki manfaat diantaranya untuk memberikan penamaan secara hierarkis pada sebuah domain. Fungsi DNS adalah sebagai penghubung antara dua item di mesin pencarian. Yuk, simak selengkapnya pengertian dan fungsinya di sini! 


Pengertian Domain Name Server

Domain Name Server atau yang lebih dikenal dengan nama DNS ini merupakan sistem yang sangat diperlukan oleh pengguna internet. DNS berperan sebagai penghubung antara URL dan IP Address yang seharusnya di ketikkan di address bar. 

Akan tetapi, akan sangat terasa sulit bila anda harus menghafal rangkaian angka yang menjadi alamat suatu website atau laman. Oleh sebab itu, dibuatlah sistem yang mampu menerjemahkan IP Address dengan nama domain. 

Nama domain ini lebih mudah diingat oleh pengguna internet, sehingga bisa anda pakai untuk mengakses web tertentu. Para pengguna internet tak perlu lagi menulis IP Address di addres bar, sehingga kemungkinan salah alamat pun dapat diminimalisir dengan adanya sistem ini.


Baca juga: Cara Membuat Website Sederhana dari Nol


Fungsi Domain Name Server

Sistem ini memiliki beberapa fungsi yang krusial, seperti meminta informasi IP Address yang berbekal nama domain. Fungsi DNS adalah jadi salah satu langkah yang memudahkan para pengguna internet. Saat menuliskan nama domain, maka DNS akan menerjemahkan alamat itu untuk masuk ke website.

Fungsi yang kedua mampu meminta informasi URL suatu web dengan bekal alamat IP yang anda masukkan. Beberapa orang mengingat alamat IP yang berupa rangkaian angka dan menuliskannya di bar alamat mesin pencarian, meskipun disusun dari sederet angka yang cukup rumit.  

Dari rangkaian angka ini, DNS bisa mencari informasi URL atau alamat dari website yang anda maksud agar dapat masuk ke dalam web tersebut. Dengan begitu, pencarian bisa anda lakukan dengan dua cara, meskipun car aini tergolong sulit untuk dilakukan. 

Selain itu, DNS juga berguna untuk mencari server yang tepat saat akan mengirimkan surat elektronik. Surat elektronik sering kali jadi solusi tepat bagi anda yang ingin berkomunikasi dari jarak jauh. Anda perlu alamat yang tepat sehingga informasi yang dikirim bisa sampai ke penerima yang diinginkan.


Kelebihan Domain Name Server

Fungsi DNS adalah jadi salah satu cara untuk memudahkan anda yang ingin berselancar di dunia maya. Tak perlu lagi mengingat rangkaian angka dari IP address suatu web, sehingga proses pencarian pun lebih cepat dan dapat masuk ke website yang diinginkan secara tepat.

Anda hanya perlu mengingat nama domain dari laman terkait, sehingga dapat menuliskannya secara langsung di address bar yang tersedia di mesin pencari otomatis. Dengan begitu, proses ini dapat memudahkan anda yang sedang berselancar di dunia maya. 

Yang tak kalah mudah, para pengguna internet tetap dapat mengakses suatu laman dengan berbekal nama domain. Hal ini tidak akan berubah, meskipun alamat IP yang dimiliki laman tersebut telah berganti. Alamat IP yang berubah tidak memengaruhi nama domain dari suatu website.

Fungsi terakhir yang tak kalah menarik, yaitu kegiatan transfer data secara online yang anda lakukan lebih aman. Hal itu disebabkan oleh fungsi DNS adalah sebagai sistem keamanan yang dapat mencegah adanya kemungkinan peretasan, meskipun dilakukan oleh peretas canggih. 

Berselancar di dunia maya bisa dilakukan dengan sangat mudah, sebab nama domain jadi bekal yang sangat mudah. Anda tak perlu mengingat alamat IP yang disusun dari angka cukup rumit untuk diingat. Hal ini disebabkan oleh adanya DNS sebagai sistem penghubung.

Gimana? Cukup rumit, ya? Tidak apa-apa paling tidak kamu sebagai pemilik bisnis dalam era digital saat ini bisa memahami paling tidak apa itu bagian-bagian dari website. Mengapa harus website? Kedepannya ini akan membantu mobilitas dan visibilitas dari bisnismu semakin pesat. Jadi, jangan sampai mengabaikan mengapa domain hingga website itu mempengaruhi bisnismu

Baca juga: Marketing Mix yang Dapat Diterapkan Sebagai Strategi Awal Growth Hacking