Strategi 4P Marketing Vs 8p Marketing, Pebisnis Wajib Tahu!

4P marketing adalah (Sumber: Pixabay.com)

4P marketing adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Strategi 4p marketing adalah strategi yang sudah dipakai sejak dahulu untuk merencanakan bisnis dan proses marketing. Namun, ada beberapa perkembangan dan kemajuan dari 4p itu sendiri yang saat ini dikenal dengan 8p marketing. Sering kali digunakan untuk produk yang tidak kelihatan. 

Dilansir dari bogasari.com mengatakan bahwa yang dimaksud dengan 4P adalah Product (Produk), Price (Harga), Place (Lokasi) dan Promotion (Promosi). Ini sangat berfungsi dalam perencanaan bisnis hingga menentukan strategi mewujudkan target penjualan. Kamu bisa mengetahui lebih detail secara keseluruhan apa competitive edge dari produkmu. 

Oleh sebab itu, hadirlah beberapa strategi yang jitu untuk memasarkan suatu produk dan jasa. Anda dapat menjalankan beberapa langkah pemasaran, seperti 4P marketing adalah salah satu cara sederhana daripada 8P. Akan tetapi, ada baiknya bila memahami kedua strategi itu.


Mengulik Strategi Marketing 4P

Strategi marketing satu ini dibuka dengan Product yang mengacu pada produk atau jasa sebagai salah satu fokus penjualan. Anda harus dapat memilih produk yang disukai oleh masyarakat dan jadi keinginan dari target pasar yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain memilih produk baru, anda juga dituntut melakukan pengembangan produk yang telah dimiliki. Oleh sebab itu pelaku usaha harus jadi pribadi yang terus memiliki inovasi dan kreasi, tetapi juga dapat diimbangi dengan kritik dan saran dari konsumen anda.

Strategi marketing lainnya, yaitu Price yang jadi poin cukup sensitif karena harus bersaing dengan kompetitor lainnya. Pastikan harga yang dibanderol untuk satu produk tidak terlalu tinggi atau rendah, sehingga dapat menarik konsumen untuk melirik usaha anda.


Yang tak kalah penting, yaitu strategi terkait pemilihan tempat atau dikenal dengan Place. Poin yang jadi penentu krusial dari 4P marketing adalah tempat, karena dapat menarik minat pengunjung lebih banyak dari lokasi strategis dan lingkungan sekitar yang menunjang.

Strategi marketing tentu harus diimbangi dengan promosi atau disebut dengan Promotion. Tonggak dari berjalannya bisnis satu ini harus diimbangi dengan cara jitu agar penjualan lebih meningkat. Tak hanya itu, anda juga harus memperluas target pasar agar tingkat penjualan lebih tinggi.

Promosi ini bisa dilakukan secara online atau offline yang diimbangi dengan biaya yang cukup berbeda. Saat ini anda bisa melirik pemasaran online dengan memanfaatkan sosial media, iklan, sponsorship dari suatu event, mengikuti bazar, dan lain sebagainya.

Baca juga: Influencer Marketing Atau Affiliate Marketing? Mana yang Efektif?


Mengulik Strategi Marketing 8P

Strategi marketing satu ini mengandalkan beberapa cara yang lebih kompleks daripada cara sebelumnya. Bila sebelumnya hanya ada 4 cara, maka satu ini terdiri atas 8 strategi jitu. akan tetapi, ada empat poin yang sama yaitu Product, Place, Price, dan Promotion.

4P marketing adalah strategi yang perlu disempurnakan dengan adanya Process di dalamnya. Strategi ini mengacu pada proses hingga produk yang akan dipasarkan terbentuk. Selain itu, anda juga harus menyiapkan pelayanan terbaik untuk pelanggan, terkait penjualan produk dan jasa.

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam strategi marketing, yaitu Productivity and quality. Poin ini berkaitan dengan strategi sebelumnya yang mengukur efisiensi dari layanan yang telah diterapkan dan kualitas suatu pelayanan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan setia anda.

Perlunya menganalisis setiap orang yang terlibat dalam strategi People satu ini. Anda perlu mencatat setiap karyawan yang bekerja untuk bisnis terkait. Selain itu, pebisnis juga harus mengenal pelanggan yang memakai produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan anda. 

Strategi yang terakhir dikenal dengan nama Physical Evidence atau variabel yang dibutuhkan oleh pebisnis dalam meningkatkan usaha. Yang tidak ada di 4P marketing adalah variabel untuk mengukur kualitas layanan yang telah diberikan atau variabel terkait produk yang anda tawarkan.

Berbisnis harus diimbangi dengan strategi marketing yang jitu, sehingga lahirlah strategi 4P dan 8P. Keduanya memiliki poin yang hampir sama dan penting untuk diterapkan untuk menghasilkan produk atau jasa yang memuaskan. Manakah yang sudah anda terapkan? 

Ingat untuk selalu membuat dna menemukan terlebih dahulu bisnis model dari bisnis yang Anda kelola. Simak cara selengkapnya cara membuat bisnis canvas untuk startup

Baca juga: Ini Ide Bisnis 2020 Hingga 2021 yang Sederhana, Yuk Simak!