2020 Jadi Tahun Kebangkitan Investor Ritel, Berikut 10 Rekor yang Terjadi di BEI

Like

 

Investment - Canva

Investment - Canva




Aktivitas Harian dan Bulanan tertinggi Sepanjang Sejarah

Aktivitas investor ritel lokal secara harian dan bulanan juga tercatat jadi yang tertinggi sepanjang sejarah pasar modal lho!

Hal itu bisa dilihat dari peningkatan rata-rata investor yang aktif per hari di tahun 2020, yakni sebesar 56 persen dibanding tahun 2019. Sedangkan rata-rata investor aktif per bulan di sepanjang 2020, juga mengalami peningkatan sebesar 45 persen.
 

BEI Semakin Inklusif

Enggak cuma itu, pasar modal dalam negeri juga terlihat semakin inklusif sepanjang sejarah. Terbukti, persebaran jumlah investor di Pulau Jawa jika dibandingkan dengan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Timur semakin masif dan merata.

For your information, 71 persen investor saham di BEI memang didominasi oleh investor di Pulau Jawa. Meski begitu, persentase jumlah investor di 4 wilayah lain semakin merata, yakni Sumatera sebesar 16 persen, Kalimantan 5 persen, Sulawesi 4 persen, dan Indonesia Timur 4 persen.


Baca Juga: Persiapan 2021, Ini Sentimen IHSG dan Rekomendasi Saham Tahun Depan!
 

Demografi Lebih Baik

Selain itu, dari sisi demografi, investor ritel di BEI terpantau lebih baik di tahun 2020. Diketahui, investor milenial dan generasi Z (usia 18-30 tahun) mengalami penambahan kumulatif tertinggi pada periode 2017 hingga 2020.

Di tahun 2020 sendiri, investor baru dengan usia 18 hingga 25 tahun naik 43,23 persen Sedangkan investor usia 26 hingga 30 tahun, angkanya naik hingga 96.396 lho! Tentunya, ini jadi momen terbaik, yang mana investasi di pasar modal mulai dilirik oleh banyak anak muda.
 

Ekspansifnya Saluran Distribusi Informasi Bursa

Di sisi lain, saluran distribusi informasi terkait bursa dalam negeri juga semakin ekspansif. Terdapat 30 Kantor Perwakilan BEI, 500 GI BEI, dan 442 komunitas investor.

Selain itu, akun media sosial BEI serta Kantor Perwakilan BEI juga semakin aktif dengan meningkatnya jumlah followers dan subscribers. Wuih, jadi makin dekat dengan anak muda yang serba digital nih.
 

Semakin Banyak Partisipasi

Sepanjang 2020, diketahui terdapat 7.946 kegiatan edukasi dari BEI yang diikuti oleh 1.234.108 peserta. Hal ini jadi yang  tertinggi sepanjang sejarah BEI.

Adapun, sejumlah program pengembangan investor yang sudah berjalan di tahun 2020 ini antara lain Kompetisi 10 Days Challenge sebanyak 4 periode, Public Expose Live – Virtual, Capital Market Summit & Expo Virtual, Waktu Indonesia Berinvestasi (Instagram Live KP BEI), dan SPM untuk Negeri oleh 30 KP BEI.
 

Kontribusi Galeri Investasi

Terakhir, adanya kontribusi Galeri Investasi (GI) BEI terhadap pertumbuhan jumlah investor saham di bursa dalam negeri. Hingga Oktober 2020, terdapat 210.312 SID investor saham yang tercipta dari seluruh GI BEI, dengan nilai transaksi mencapai Rp2,2 triliun.

Diketahui dari laman BEI, Galeri Investasi BEI merupakan sarana dan komunitas yang memperkenalkan pasar modal sejak dini di dunia akademisi. Wadah ini adalah kerjasama antara BEI dengan perguruan tinggi dan pihak perusahaan sekuritas.

Baca Juga: BEI Fokus Genjot Perdagangan Produk Derivatif, Apa Saja Fitur dan Manfaatnya?